Bingung ngeblog harus mulai dari mana?

Cara Mudah dan Cepat Lolos Review Site Akun Google AdSense

Cara Mudah dan Cepat Lolos Review Site Akun Google AdSense

TipsIM.com -  Cara lolos review site Google AdSense. Ketemu lagi sob di blog TipsIM. Kali ini saya akan membahas bagaimana cara meloloskan blog atau website kita dari persyaratan review Google AdSense.

Ya, pada awal Oktober 2018 kemarin, pihak Google mengeluarkan surat pernyataan bahwa setiap blog atau website baru yang ingin dipasang iklan AdSense, maka harus melalui review, meskipun anda sudah memiliki akun AdSense sebelumnya.

"Apa sih yang menyebabkan Google AdSense mengeluarkan pernyataan bahwa setiap blog baru yang akan dipasang iklan harus melalui review terlebih dahulu?"

Penyebab Adanya Review Site AdSense

Untuk penyebabnya saya belum tahu pasti kenapa Google mereview blog atau website baru yang akan dipasang iklan AdSense meskipun sudah punya akunnya. Yang pasti, apapun penyebabnya, Google lah yang lebih tahu.

Kalu menurut saya, adanya review site kemungkinan Google AdSense ingin meningkatkan standar blog yang dapat menayangkan iklan. Jika itu merupakan salah satu alasan AdSense, maka kemungkinan besar blog yang melanggar pedoman mutu webmaster atau kebijakan AdSense tidak akan bisa lolos review dan tidak bisa menayangkan iklan, termasuk blog AGC yang hanya menyisipkan SERP saja dengan konten-konten duplikat atau copy paste.

"Lalu bagaimana caranya agar bisa lolos review site?"

Cara Lolos Review Site AdSense

Untuk bisa lolos review site, ada beberapa tips yang bisa membuat blog atau website anda memiliki peluang lebih besar untuk lolos review. Silahkan simak dan terapkan pada blog anda sob.

1. Pastikan konten atau artikel anda tidak copas / plagiat

Konten yang anda buat tidak boleh copas atau sama persis dengan milik orang lain. Anda boleh mengambil refrensi dari beberapa blog atau web lalu kemudian anda cerna dan ditulis kembali menggunakan kata-kata anda sendiri sob.

2. Isi konten lebih diperbanyak teks daripada gambar

Ketika anda membuat konten, maka usahakan untuk memperbanyak teks daripada gambar. Kecuali memang konten anda tentang tutorial yang dimana isi kontennya  berisi banyak gambar setiap step by step.

3. Dalam satu kontent / artikel harus lebih dari 300 kata

Sangat penting memperhatikan jumlah kata dalam satu konten yang anda perhatikan sob. Anda tidak perlu selalu menghitung dan mengecek berapa jumlah kata di masing-masing artikel anda, melainkan anda perlu mengira-ngira bahwa konten yang anda buat sudah lebih dari 300 kata. Lebih banyak lebih baik sob. Ada juga yang menyarankan satu konten lebih dari 1000 kata.

4. Daftarkan blog ke Google Webmaster dan lakukan Fetch as Google 

Jika hanya menulis artikel lalu post saja, itu tidak cukup sob. Anda perlu mendaftarkan blog anda ke Webmaster lalu melakukan Fetch as Google agar blog anda cepat terindex oleh mesin pencari Google. Untuk mendaftarkan blog anda ke webmaster, silahkan kunjungi situs webmaster di sini. Kemudian setelah anda mendaftar, verifikasi, dan memasukkan sitemap, lalu anda melakukan Fetch as Google di sini.

5. Pastikan blog atau website anda terbuka

Maksudnya terbuka bagaimana? Yaitu anda membuat halaman atau laman Sitemap, About, Contact, Disclaimer, dan Privacy Policy. 5 Halaman tersebut sangatlah penting agar team approve AdSense bisa merayapi dan mengenali blog atau website anda. Agar tahu bahwa blog anda itu seperti apa, siapa pemiliknya, blognya tentang apa, dan apa tujuan blognya.

6. Hapus semua komentar yang bersifat link atau spam

Mengapa harus dihapus? Karena sekarang komentar yang bersifat link atau spam justru akan memperburuk kualitas blog. Kalau dulu kita bebas nyepam dan memberikan link ke komentar blog manapun dan itu bisa mendatangkan backlink. Kalau sekarang hal itu tidak efektif lagi sob, harus dihapus.

7. Jumlah artikel lebih banyak lebih baik

Untuk bisa lolos review site, sebenarnya tidak ada batas minimal berapa jumlah artikel di dalam blog tersebut. Karena sudah ada yang membuktikan bahwa 1 artikel pun bisa lolos review, asalkan menarik dan tidak copas. Tapi ingat, lebih banyak artikel lebih baik, dan peluang lolos review lebih besar.

8. Hindari konten terlarang

Untuk menulis konten atau artikel tidak hanya sekedar menulis sob, anda harus memperhatikan konten yang akan anda tulis, apakah konten tersebut melanggar kebijakan Google AdSense atau tidak. Jika memang melanggar maka tidak perlu dilanjutkan artikelnya, ganti artikel yang lain. Silahkan baca Kebijakan konten terlarang Google AdSense.

9. Tidak memakai domain bekas yang sudah pernah di banned

Pilihlah domain yang mudah diingat dan tidak menggunakan campuran angka atau simbol, gunakan nama merk atau nama perusahaan anda. Dan yang terpenting, jangan gunakan domain yang sudah kena banned Google. Silahkan cek apakah domain sudah kena banned atau belum di sini.

10. Gunakan template blog yang responsive

Template blog yang responsive itu yang seperti apa? Yaitu template blog yang tampilannya dapat menyesuaikan lebar layar, artinya dapat menyesuaikan ukuran layar tablet maupun smartphone (mobile). Dimana anda bisa mendownload template responsive? Di google banyak sob. Atau bisa pilih template responsive yang anda suka di sini, GRATIS.

11. Gunakan menu navigasi yang mempermudah pengunjung

Menu navigasi biasanya diletakkan di bagian header atau di bawah header. Isi menu navigasi yang disukai Google AdSense yaitu seperti HOME, SITEMAP, ABOUT, CONTACT, DISCLAIMER, PRIVACY POLICY, DAN CATEGORY

12. Widget yang perlu dipasang di Sidebar

Anda juga perlu memperhatikan widget apa saja yang perlu dipasang di sidebar sob. Seperti halnya anda mendaftar AdSense dari nol. Yang perlu anda pasang yaitu PROFIL, LABEL / KATEGORI, POPULAR POST, dan ARSIP BLOG.

"Kenapa review site masih ditolak?"

Solusi Blog atau Website ditolak Review Site Google AdSense

Jika blog anda ditolak saat review, anda bisa melakukan cara di bawah ini sob.

  1. Jika blog anda ditolak, kemungkinan ada yang kurang dari cara di atas sob, maka teliti lagi dan perbaiki yang kurang.
  2. Cobalah ganti template blog anda dengan template responsive yang lain.
  3. Tambahkan beberapa artikel atau postingan lebih banyak lagi.
  4. Setelah itu, ajukan review kembali.

"Apakah blog gratisan seperti .blogspot.com bisa lolos review?"

Sub Domain Blogspot.com Bisa Lolos Review Site AdSense

Mungkin anda pernah mendengar atau bahkan sering, bahwa blog gratisan seperti blogspot.com (tanpa domain TLD) tidak bisa lolos review. Sebenarya bisa sob, bahkan kemungkinan approve  review site Google AdSense pun peluangnya sama dengan yang menggunakan TLD.

Namun, yang anda ketahui untuk mendaftarkan review blog gratisan (blogspot), anda perlu menghubungkan melalui dashboard blogger, tepatnya pada kolom penghasilan / earnings. Kalau anda tidak menemukan menu pilihan penghasilan / earnings, silahkan ubah bahasa blog menjadi bahasa inggris (united states).

Kesimpulan dan Saran

Berdasarkan hasil pengalaman banyak orang mengenai review site Google AdSense, bahwa yang paling sering diterima atau lolos review yaitu yang menggunakan Wordpress self-hosted. Entah mengapa Wordpress self-hosted lebih cepat peninjauannya dibandingkan dengan Blogger.

Dan blog atau web yang mudah lolos review, yaitu blog atau website yang sudah berumur (usianya sudah tua) dan yang memiliki traffic baik.

Namun dari pernyataan dan pengalaman tersebut, tidak menjadi kepastian bahwa Wordpress sel-hosted pasti lolos review, atau yang blog berumur dan traffic baik pasti lolos review. Karena Google AdSense juga mempertimbangkan kelolosan dari sisi lainnya juga sob.

Oke, itu saja tutorial mengenai cara mudah dan cepat lolos review site Google AdSense. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam melakukan review site. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca sob.

Salam Blogger, salam sukses..

Tak ingin ketinggalan artikel terbaru dari TipsIM.com ?
Yuk berlangganan gratis via email:

0 Response to "Cara Mudah dan Cepat Lolos Review Site Akun Google AdSense"

Post a Comment

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)

Iklan Atas

Iklan Tengah 1

9 Most Expensive Cars Made In The United States

Iklan Tengah 2

Iklan Bawah

About Me

My photo

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.