Bingung ngeblog harus mulai dari mana?

Panduan Belajar SEO: Pemahaman Hingga Penerapan (Lengkap untuk Pemula)

Apa itu SEO dan Mengapa Harus SEO?

Panduan Belajar SEO: Pemahaman Hingga Penerapan (Lengkap untuk Pemula)

Panduan belajar SEO untuk pemula. Anda tahu apa itu SEO? Pernah mendengarnya dari teman anda atau dari dunia internet? Mungkin kalau anda seorang blogger pasti pernah mendengar tentang SEO, meski itu hanya sebatas dasar-dasarnya saja. Kali ini saya akan membahas mengenai SEO. Ya, saya akan memberikan pengertian tentang SEO yang perlu anda pelajari dalam dunia Blogger.



Berbicara mengenai pengalaman saya tentang SEO, sebenarnya saya belum begitu mahir. Saya pun baru kemaren mengenal SEO. Meski baru kemaren, tidak ada salahnya kan kalau saya ingin berbagi pengalaman serta pengetahuan saya mengenai SEO ini. 

Setelah saya tahu tentang SEO dan saya sedikit menge-share ke teman-teman, ternyata banyak yang tanya kepada saya. Diantaranya,

"SEO itu apa sih?"

"Mengapa harus SEO? Apa hubungannya dengan mesin pencari?"

Saya sebenarnya merasa kesulitan disaat mendengar pertanyaan semacam itu. Mau jawab bingung sedangkan pengetahuan saya masih sedikit. Nah, akhirnya saya mencoba cari tahu lagi lebih dalam mengenai SEO di dunia internet ini. Saya menemukan banyak sumber yang saya jadikan patokan untuk belajar SEO. Diantaranya adalah blog dari Mas Sugeng, dan juga situs panduanim. Disitulah saya mulai mengenal SEO lebih dalam. 

Setelah saya mengerti apa itu SEO, untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan diatas, akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel postingan tentang panduan SEO. Ya, pertanyaan diatas yang jawabannya akan saya jadikan satu dalam artikel ini dan saya buat sebagai artikel panduan belajar SEO.

Tujuan saya sendiri membuat artikel panduan SEO ini adalah tak lain untuk berbagi pengalaman sekaligus pengetahuan saya mengenai SEO. Nah, langsung saja tanpa basa basi lagi silahkan simak dibawah ini.
 

Apa Itu SEO?

Mungkin sudah banyak di internet yang menjelaskan tentan pengertian SEO. Tapi penjelasan dari setiap sumber pasti memiliki susunan yang berbeda-beda namun memiliki arti yang sama. Saya jelaskan gambaran gampangnya saja agar mudah dimengerti dan dipahami.

SEO adalah teknik yang digunakan untuk memperoleh rangking dari mesin pencari.

Siapa yang menggunakan teknik tersebut? Adalah para blogger atau pengelola blog/web. Jadi, para blogger itu menggunakan teknik SEO ini untuk membuat blognya menjadi yang teratas di tingkat mesin pencari. 

Yang dimaksud mesin pencari apa saja? Mesin pencari sangatlah banyak. Misalnya google yang paling banyak digunakan. Ada juga Yahoo, Bing, dan lain sebagainya. Jika kita menggunakan tekni SEO dalam mengelola blog, tentu blog kita akan menjadi lebih profesional dan lebih banyak pengunjung. Sebab teknik SEO bisa membawa blog kita menjadi yang teratas atau peringkat atas di mesin pencari.

Tapi, biasanya para blogge pemula akan merasa takut kalau mendengar kata SEO. Ya, ini disebabkan karena mereka akan menemui istilah-istilah dan teknik yang tidak diajarkan di sekolah umum. Akibatnya banyak orang yang menganggap kalau SEO itu aneh dan tidak masuk akal.

Namun tenang saja, disini anda akan diajari teknik SEO yang benar. Dalam panduan ini anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai SEO lengkap dan geratis. tentunya mulai dari NOL. Simak sampai akhir kalau ingin menambah pengetahuan lebih banyak tentang SEO.

Mengapa Harus SEO? Apa Hubungannya dengan Mesin Pencari?

Sekarang anda coba pahami lagi, ketika anda membutuhkan informasi dari internet, apa yang anda gunakan untuk mencari informasi yang anda butuhkan tersebut? Tentu saja mesin pencari bukan? Mesin pencari apa yang anda gunakan? Google? Bing? Atau Yahoo? Atau lainnya?

Ketiganya itu adalah website mesin pencari atau search engine yang akan menghantarkan anda pada informasi yang anda cari. Nah, setelah anda menemukan informasi tersebut, anda membuka sumber informasi itu dimana? Tentu di blog atau web bukan? Nah, itu sudah jelas hubungannya antara SEO dengan mesin pencari.

Jadi intinya, mesin pencari menghantarkan anda ke blog yang menyediakan informasi. Dan SEO itu sendiri berada ditengah-tengahnya. Teknik SEO itulah yang membuat mesin pencari bisa lebih mudah menemukan blog anda dan akhirnya banyak pengunjung yang mengunjungi blog tersebut untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. 

"Lalu, apa saya harus belajar sepenuhnya tentang seo jika ingin membangun blog atau website?"

Jawabannya adalah tidak. Memang SEO itu penting untuk blog anda dan bahkan sangat penting. Namun anda tidak harus menguasai sepenuhnya tentang SEO. Memahami dasar-dasar mengenai SEO pun sudah menjadi bekal cukup untuk anda membangun website. Tapi alangkah lebih baik lagi kalau anda menguasai SEO. Karena dengan memahami SEO lebih dalam akan memberikan banyak keuntungan untuk anda dan juga blog atau web anda.

"Jika saya membangun website, apakah website saya bisa sukses tanpa seo?"

Jawabannya adalah bisa. Dari sedikit penjelasan diatas, sebenarnya anda tidak perlu pusing memikirkan SEO. Tidak jarang orang yang memiliki website popular tanpa mengerti tentang SEO. Hal ini disebabkan karena mesin pencari telah pintar mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website. Tapi, jika anda ingin cepat sukse dan blog anda sepat naik trafiknya. Maka anda perlu memahami SEO meski hanya dasar-dasarnya saja. Ini untuk bekal anda membangun blog.

Nah, setelah anda memahami pengertian diatas, kini saatnya anda melanjutkan belajar SEO yang sebenarnya. Diatas hanyalah gambaran kecil mengenai SEO. Sekarang kita mulai belajar dasar-dasar dari SEO. Silahkan simak baik baik sob.








Konsep Dasar SEO

Panduan Belajar SEO: Konsep Dasar SEO

Konsep dasar SEO. Konsep dasar SEO ini sebenarnya sangat sederhana. Google dan mesin pencari lainnya adalah sebuah produk. Mereka menginginkan agar para penjelajah internet bisa merasa puas dengan setiap layanan yang diberikan dari pihak mereka.

Ketika anda melakukan pencarian di mesin pencari, tentu anda ingin mendapatkan informasi yang terbaik dan terpercaya bukan? Inilah yang ingin dilakukan pihak mesin pencari yang juga sesuai keinginan anda. Mereka akan menampilkan website terbaik dan relevan dihalaman pertama dengan hasil kata kunci yang dimasukkan para pengguna.

Jadi SEO itu sendiri memiliki fungsi yaitu menjadikan website anda yang terbaik untuk kata kunci yang diinginkan. 

"Tapi, yang terbaik dalam hal apa?"


Yang terbaik dalam hal seperti:
  • Konten yang disajikan
  • Struktur serta navigasi blog
  • Kepuasan dari para pengguna
  • Popularitas
Dengan mempelajari konsep dasar SEO ini anda akan anda akan dituntun untuk bisa menjadi yang terbaik daripada para pesaing anda di dunia blog atau web ini.

"Lalu, apa saja yang harus dipelajari mengenai SEO?"


Ada beberapa komponen SEO yang akan menentukan seberapa baik blog anda dan komponen ini juga yang menentukan peringkat blog anda di mesin pencari. Berikut ini beberapa komponen yang perlu anda pelajari:
  • Riset kata kunci atau keyword
  • Mengoptimasi halaman website
  • Membuat website teroptimasi
  • Membangun pipularitas, link, serta reputasi
  • Melakukan audit terhadap peforma SEO


Anda telah menyelesaikan 1 dari 7 bab
15%



On Page SEO : Optimasi Konten dan Halaman untuk Search Engine

Panduan Belajar SEO: On Page SEO

On Page SEO. Pernah mendengar kata on page dalam SEO? Mungkin bagi anda nama on page adalah suatu hal yang masih terbilang asing. Ya, dan saya pun juga merasakan hal itu karena baru belajar mengenai on page. Untuk mendambah pengetahuan mengenai on page SEO, silahkan anda simak penjelasannya.

On Page SEO adalah Suatu cara untuk mengoptimasi web atau blog dari dalam web itu sendiri. Tujuan adanya on page dalam web atau blog adalah agar mesin pencari bisa mengetahui apakah web atau blog anda benar-benar memiliki kualitas baik serta relevan dan sesuai dengan apa yang diinginkan pencari atau user.

Jadi intinya, dengan menggunakan on page SEO ini, web atau blog anda akan lebih berkualitas dan lebih relevan. Sebab, tanpa keduanya, blog atau web anda akan sulit untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari.

Nah, di artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan berdasarkan pengetahuan saya mengenai on page. Apa saja yang harus anda pelajari mengenai on page dan bagian-baian mana saja yang harus dilakukan optimasi on page. Silahkan simak penjelasannya.

Konsep On Page SEO

Perlu anda ketahui, bahwa konsep on page SEO adalah hal utama dan paling penting untuk anda pelajari dan anda pahami. Sebenarnya ada dua, yaitu on page dan off page. Kalau off page yaitu mengoptimasi web atau blog dari luar. Kita akan membahas off page pada bab selanjutnya. 

Dalam konsep on page SEO ini ada beberap ini sederhana untuk mengoptimasi web atau blog anda.

"Apa tujuan mengoptimasi on page SEO pada blog atau blog?"

Manfaatnya sebenarnya jika dijabarkan dan dibahas secara detail sangatlah banyak. Secara sederhananya memeiliki manfaat sebagai berikut:
  • Pengunjung lebih mudah dalam melakukan eksplorasi
  • Pengunjung krasan atau betah berlama-lama didalam web yang dikunjungi tersebut
  • Mesin pencari akan lebih mudah mengerti struktur web atau blog anda.
Mungkin setelah 3 poin tersebut anda baca, anda akan bertana-tanya dalam hati seperti ini,

"Saya kan mengoptimasikan web atau blog saya untuk mesin pencari, mengapa malah disuruh fokus ke pengunjung?"

Memang anda mengoptimasi untuk mesin pencari. Dan berkat optimasi yang anda lakukan, mesin pencari akan lebih menilai kalau blog anda lebih berkualitas dan relevan. Sehingga blog atau web anda akan dipilih mesin pencari untuk diletakkan paling atas dari halaman pencarian. 

Jadi intinya, mesin pencari akan mengerti kepuasan para pengunjung. Sebab itu mesin pencari akan memberikan yang terbaik untuk pengunjung, yaitu menampilkan website-website yang berkualitas di halaman depan agar pengunjung merasa lebih puas. Jika anda ingin web atau blog anda berada di halaman utama mesin pencari seperti Google, maka web anda harus berkualitas dan bisa memuaskan.

"Lalu, bagaimana caranya mengoptimalkan website atau blog saya agar menjadi lebih berkualitas dan dianggap memuaskan oleh pengunjung?" Nah, anda bisa memperhatikan cara-caranya dibawah ini.

Komponen Halaman Web atau Blog yang Optimal

Untuk membuat pengunjung menjadi lebih puas ketika mengunjungi blog atau web anda, maka ada bebera hal yang perlu anda jalankan. Hal ini menjadi faktor penenti kepuasan setiap pengguna internet yang mengunjungi blog atau web anda. Berikut penjelasannya.

1. Konten yang berkualitas

Perlu anda ketahui tentang optimasi web atau blog. Konten adalah komponen utama yang paling mempengaruhi web atau blog anda. Ya, sebagian besar kepuasan pengunjung akan tergantung pada isi daripada konten itu sendiri. Jika anda menuliskan konten atau artikel yang tidak memiliki kualitas baik, tentu web anda akan kemungkinan sangat kecil masuk peringkat halaman pertama dari mesin pencari. 

"Lalu, seperti apa sih yang dimaksud konten berkualitas?"

Konten yang berkualitas adalah konten yang memiliki nilai lebih didalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kriteria dari konten yang berkualitas. 
  • Bermanfaat bagi pengunjung
  • Lebih menonjol daripada yang lain 
  • Membangkitkan perasaan
  • Menyelesaikan permasalahan setiap pengunjung
  • Membuat pengunjung betah berlama-lama membaca konten tersebut
Jika anda ingin memiliki pengunjung banyak dengan trafik tinggi dan mendapat peringkat utama pada mesin pencari, tentu anda harus menerapkan 5 kriteria tersebut dalam konten atau artikel yang anda tulis. Jika konten anda tidak berkualitas, pengunjung pasti cuma akan melihat sebentar lalu keluar dari blog anda.

Satu hal yang lagi yang perlu anda ingat dalam membuat konten, google akan terang-terangan menolak atau menentang konten yang memiliki kriteria seperti tidak memiliki bobot, tidak memiliki nilai plus bagi pengunjung, membuat pembaca frustasi, dan tidak original atau copy paste

Untuk membuat konten atau artikel yang berkualitas dan lebih SEO, anda bias kunjungi berikuti ini: Cara Membuat Konten atau Artikel yang SEO Friendly

2. Keyword yang tepat sasaran

On Page SEO

Keyword yang tepat dengan sasaran pencarian dari para pengunjung. Ini sangatlag penting untuk anda pelajari. Coba ingat saat anda melakukan pencarian di mesin pencari. Misalnya Google. Anda mengetikkan kata kunci atau keyword di Google untuk mencari informasi yang anda inginkan. Setelah anda mengetikkan keyword tersebut, lalu Google akan mencari dan menampilak hasil yang berkaitan dengan keyword anda. Jadi, mengoptimasi halaman berarti juga mengoptimasi keyword.

"Bagaimana carannya?"

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menyertakan kata kunci atau keyword pada setiap halaman blog anda. Yaitu dalam judul konten, isi konten, dan URL konten yang ada di blog anda. Dengan menerapkan keyword tersebut, mesin pencari akan lebih mengerti dan memahami isi dari halaman website yang anda miliki.

3. Judul halaman yang unik

Apa tujuannya membuat judul halaman yang unik? Mengapa harus unik? Hal ini ditujukan agar banyak pengunjung yang mengeklik judul anda dan akhirnya membuka blog anda. Sebeb jika judul anda unik, otomatis pengunjung akan penasaran dengan isi konten dari judul tersebut. Coba kalau judul yang anda buat tidak menarik sama sekali, tentu pengunjung akan melewati blog anda saja dan mencari blog yang lain. 

"Lalu bagaimana cara mengoptimasi judul?"

Cara mengoptimasi judul sebenarnya cukup mudah. Yaitu anda hanya menerapkan kata kunci atau keyword yang anda incar. Kemudian di ikuti dengan kata tambahan. Dan kata tambahan itulah yang membuat judul anda menjadi lebih unik.

Misalnya, anda mengincar kata kunci "belajar blog", maka anda membuat judul harus yang mengandung kata "belajar blog"

Tapi bukan berarti anda membuat judul hanya dengan tulisan "belajar blog" saja. Yaitu dengan ditambahi kata awal dan akhir. Misalnya, tadi anda mengincar kata kunci "belajar blog", kemudian anda tambahkan saja kata depan dan akhir yang unik "Cara Belajar Blog dengan Mudah dan Cepat". Dengan kata tambahan awal dan akhir tersebut akan membuat judul lebih unik dan menarik. Keunikan itulah yang akhirnya membuat pengunjung penasaran dan mengeklik blog anda.

4. URL yang singkat dan deskritif

Mungkin URL tidak terlalu besar mempengaruhi peringkat website atau blog anda. Tapi setidaknya anda menyertakan keyword pada url dari konten yang anda buat. Karena ini juga akan membantu menaikkan peringkat web atau blog anda. 

"Seperti apa URL yang baik dan tidak baik?"

URL yang tidak baik adalah URL yang sulit dan bahkan tidak bisa dipahami. Seperti, tipsim.com/?p=84. URL tersebut bahkan tidak bisa dipahami artinya. Sehingga mesin pencari juga akan kesulitan untuk mendeteksi.

Sedangkan URL yang baik adalah URL yang mudah dideteksi dan dipahami oleh mesin pencari maupun para pengunjung. Seperti, tipsim.com/seo/panduan-belajar-seo. URL tersebut berarti kita membuka blog TipsIM didalam kategori seo dan dengan konten yang berjudul panduan belajar seo. URL ini mudah dipahami oleh mesin pencari maupun para pengunjung.

5. Meta description yang deskriptif dan mengundang klik


Meta Description

Meta description adalah suatu kalimat pendek yang mucul di bawah judul dan url setelah anda melakukan pencarian di mesin pencari dengan keyword tertentu.

Sebenarnya meta description tidak begitu mempengaruhi peringkat halaman anda. Selain itu, ketika anda melakukan pencarian, meta description juga tidak selalu muncul di hasil pencarian. Karena sekarang Google telah atau lebih sering mengunakan kalimat dalam konten sebagai deskripsi halaman. Sehingga nanti yang akan muncul di mesin pencari Google adalah deskripsi dari konten yang anda cari tersebut. 

Meski begitu, tidak ada salahnya anda melakukan pengoptimalan meta description. Karena dengan membuat meta description yang menarik, kemungkinan akan membuat orang peenasaran dan mengunjungi blog anda. Semakin banyak pengunjung akan semakin tinggi trafik blog anda.

6. Gambar berkualitas tinggi dan memiliki ukuran yang optimal

Apa tujuannya memasang gambar dalam konten? Yaitu tidak lain adalah untuk membuat artikel atau konten lebih mudah dipahami. Selain itu, juga untuk membuat pengunjung merasa betah serta tidak bosan. Coba saja bayangkan kalau konten anda berisi tulisan semua tanpa ada gambar satupun, tentu orang yang membacanya akan bosan kan? Bahkan matanya akan merasa pedas.

"Gambar yang seperti apa yang harus dipasang di dalam konten?"

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dalam memasang gambar dalam konten yang anda buat. Direkomendasikan agar memenuhi kriteria seperti berikut ini:
  • Gambar berhubungan dengan isi konten
  • Gunakan tipe ekstensi yang tepat agar ukuran file tidak membengkak
  • Resolusi gambar sesuai dengan tampilan
  • Kompres gambar agar optimal
  • Tambahkan title dan alt pada gambar yang anda letakkan

    Di poin tujuh ini sangat penting untuk anda pelajari. Ini lebih khusus pada web atau blog yang masih baru. Perlu anda ketahui kalau Google ingin menyediakan konten yang terpercaya. Hal itu bertujuan agar tidak menyesatkan para pengunjung yang mencari informasi. Ini sebabnya web atau blog besar memiliki peringkat tinggi di Google. Karena reputasinya telah terbangun sejak lama. Jadi, kontennya pun bisa lebih dipercaya

    Berbeda dengan web atau blog yang masih baru. Google akan meragukan isi konten dari blog yang masih baru. Intinya Google belum bisa percaya dengan isi konten dari blog baru tersebut. Sebab itu anda perlu menyisipkan link referensi untuk membantu kenaikan dari blog anda sendiri. 

    Tapi dalam mengambil referensi link, anda tidak boleh semabarangan. Anda juga perlu melihat kualitas dari blog yang anda ambil referensinya tersebut. Pilihlah blog atau web yang sudah banyak pengunjung, memiliki trafik tinggi, dan pastinya web yang telah profesional.

    Anda pernah mendengar istilah dari bounce rate?
    Bounce rate adalah ketika seseorang masuk ke blog anda tidak melakukan apa-apa tapi langsung keluar dari blog anda. Jika tingkat bounce rate anda sangat tinggi, bisa jadi dipengaruhi oleh kualitas blog dan isi konten anda yang mengecewakan, serta navigasi dari blog anda yang sulit untuk dipahami.
    Perlu anda ingat tentang hal itu. Jika isi dari blog anda mengecewakan para pengunjung, tentu blog anda akan dijauhi oleh pengunjung. Dan peringkat dari blog anda pun akan menurun bahkan menurun drastis.

    "Lalu bagaimana cara untuk menghindari atau menurunkan bounce rate?"

    Untuk menurunkan tingkat bounce rate pada blog anda, yaitu dengan memasang internal link atau link antar halaman blog anda. Ini bertujuan agar pengunjung lebih mudah memahami dan lebih mudah berkunjung ke halaman yang lain dari blog anda

    9. Bisa di share ke sosial media

    share social media

    Memang Google tidak memperdulikan berapa banyak orang atau pengunjung yang meng-share blog atau konten anda. Tapi bukan berarti hal ini perlu anda hindari. Sebab ini sangat penting bagi blog anda dari sisi lain selain pencarian google. Bahkan dengan tombol share ini bisa berdampak secara langsung atas web atau blog anda.

    "Apa dampak dari share? Apakah bermanfaat?"

    Ya, sangat-sangat bermanfaat sekali. Ketika pengunjung meng-share konten dari halaman anda, otomatis anda akan mendapatkan pengunjung tambahan lewat share tersebut. Berikut beberapa manfaat lain:
    • Website akan lebih cepat dikenal oleh banyak orang
    • Faktor kepuasan lebih tinggi kalau website anda bisa memuaskan pengunjung
    • Pengunjung akan lebih banyak memberikan backlink (akan dibahas bab selanjutnya)
    Tahukah anda, bahkan sosial media akan lebih meningkatkan dan membangun brand web atau blog anda lebih cepat daripada menggunakan teknik SEO. Gambarannya adalah seperti ini:

    'Jika website anda banyak yang nge-share, tentu akan lebih dikenal luas. Ketika orang mengenal website anda, tentu orang akan mencari website anda lewat google. Karena banyak yang mencari website anda di Google, tentu Google akan menganggap reputasi dari blog atau websita anda sangatlah bagus'. 

    Sebab itu pasanglah tombol share pada blog atau web anda agar pengunjung bisa menge-share isi konten dari blog anda.

    10. Kecepatan respon dan hambatan kecepatan

    Inti dari poin sepuluh ini adalah bila website anda lebih cepat, maka akan dianggap lebih baik. 

    Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Billy Hoffman di MOZ. Bahwa akan terlihat kalau website yang berada dalam peringkat atas memiliki waktu respon yang lebih singkat.

    Coba bayangkan jika website anda lemot atau loadingnya lama. Pasti pengunjung akan merasa malas mengunjungi blog anda. Sebab pengunjung menilai kecepatan respon bukan hanya pada mesin pencari saja, melainkan juga kecepatan loading dari website anda.

    "Apa saja yang memperngaruhi kecepatan loading blog?"
    • Kualitas hosting yang digunakan
    • Jumlah file .js dan .css di <head>
    • Ukuran halaman yang terlalu besar, sehingga mengganggu pengunjung saat berselancar
    "Lalu, apakah jumlah gambar, video, atau audio bisa mengganggu kecepatan dari blog tersebut?"

    Tidak. Gambar, video ataupun audio tidak akan mengganggu kecepatan selagi ketiganya tidak berjumlah berlebihan. Ya, sebab jika anda memasang gambar, video, atau audio yang tidak berkaitan dengan isi artikel atau konten, bukan hanya memperlambat blog, tapi juga akan membuat pengunjung kebingungan. Pasanglah gambar, vodeo, atau audio yang berkaitan dengan isi konten serta tidak berjumlah berlebihan.

    Itullah kurang lebihnya penjelasan mengenai On Page SEO. Semoga bermanfaat, silahkan lanjut ke bab selanjutnya.



    Anda telah menyelesaikan 2 dari 7 bab
    28%


    Riset Keyword dan Analisa Kompetisi

    Panduan Belajar SEO: Riset Keyword

    Riset Keyword dan Analisa Kompetisi. Pernah mendengar kata "riset keyword" dalam dunia SEO? Dan juga pernah mendengar "Analisa Kompetisi" dalam SEO? Jika anda tergolong masih sangat baru, kemungkinan anda belum pernah mendengar apa itu istileh riset keyword dan analisa kompetisi. Nah, kali ini saya akan menjelaskan kedua poin tersebut dalam artikel saya kali ini.

    Riset keyword atau biasa disebut dengan mencari kata kunci. Mencari kata kunci yang pas untuk dijadikan judul konten atau artikel. Ya, ini sangat penting untuk anda perhatikan ketika ingin membuat sebuah artikel atau konten. Sebab, kata kunci ini juga mempengaruhi pencarian di mesin pencari seperti Google.

    Ketika anda mencari di mesin pencari seperti Google, tentu yang anda masukkan adalah kata kunci kan? Setelah anda memasukkan kata kunci di mesin pencari, kemudian mesin akan memberikan hasil yang relevan atau yang sesuai dengan kata kunci tersebut.

    Misal, anda ingin mencari sebuah informasi dengan kata kunci "Cara membuat blog", tentu yang akan muncul di mesin pencari di halaman paling depan adalah yang paling mendekati dengan kata kunci tersebut. Dengan kata lain, mesin akan menampilkan daftar blog yang memiliki judul artikel atau konten yang mendekati kata kunci yang anda cari.

    Jika judul yang anda buat selalu tepat atau sesuai, tentu blog atau web anda akan semakin besar memiliki peluang untuk tampil di halaman paling depan pada mesin pencari.

    "Lalu bagaimana cara mengetahui atau mencari kata kunci yang tepat?"

    Untuk mencari kata kunci atau keyword agar bisa lebih mengena atau lebih tepat, sebenarnya sudah ada banyak tools yang tersebar di dunia internet. Salah satunya adalah menggunakan GOOGLE KEYWORD PLANNER atau GKP.

    Anda bisa menggunakan tool GKP ini dengan mudah. Cukup memasukkan kata kunci yang anda cari, lalu nantinya akan muncul kata kunci yang berkaitan dan yang terbaik untuk anda gunakan. Silahkan ikuti caranya di bawah ini.

    Cara riset keyword dengan GKP (Google Keyword Planner)

    Google keyword planner merupakan salah satu tool yang paling disukai oleh banyak blogger. Sebab, selain geratis, tool ini juga milik google, tentunya akan lebih akurat dari pada tool lainnya. Silahkan kunjungi Google Keyword Planner dan ikuti langkah seperti gambar di bawah ini.

    Riset Keyword

    Keterangan:
    1. Masukkanlah kata kunci yang ingin anda cari sob. Anda bisa memasukkan lebih dari satu kata kunci dengan menggunakan koma atau line break.
    2. Aturlah negara yang ingin anda targetkan dalam pencarian.
    3. Pilihlah bahasa yang nantinya akan menampilkan hasil pencarian.
    4. Kalau sudah selesai semua, langsung klik 'Get Ideas'.
    Setelah selesai dan mengeklik get ideas, anda akan dibawa ke halaman selanjutnya, yaitu halaman hasil pencarian kata kunci yang telah anda masukkan tadi. Lihat gambar di bawah ini.
    Riset Keyword

    Keterangan:
    • Keyword (by relevance) adalah daftar kata kunci yang berhubungan dengan yang anda cari.
    • Avg. monthly searches adalah jumlah rata-rata pencarian keseluruhan, yaitu jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut.
    • Competition adalah tingkatan tinggi rendahnya persaingan kata kunci.

    Anda bisa memilih kata kunci yang paling banyak dicari oleh orang. Sehingga peluang untuk mendapatkan peringkat halaman pertama akan lebih besar.

    Mencari kata kunci dengan persaingan rendah

    Bagi kita yang sebagai pemilik website baru, tentu akan sulit untuk bersaing dengan website-website yang sudah besar atau yang sudah lama dibangun. Sebab, mereka sudah memiliki pondasi kuat untuk bertahan di posisi teratas.

    Oleh sebab itu kita harus bisa mentargetkan bisa bersaing dengan website-website yang masih terbilang baru. Sebab, kita belum memiliki pondasi kuat untuk bersaing dengan persaingan atas. Tentu kita akan kalah jika dipaksakan. Berjalanlah dan bangunlah dari sedikit.

    Long Tail Keyword (Kata kunci berekor panjang)

    Maksud dari kata kunci berekor panjang adalah keyword atau kata kunci yang memiliki kata tambahan didepan atau dibelakangnya. Biasnya long tail keyword ini akan lebih mengena pada website toko online.

    Bagi anda yang memiliki website toko online atau e-commerce yang dimonetisasi afiliasi, long tail keyword ini biasanya akan memberikan conversion rate lebih besar daripada keyword biasa. Hal ini karena biasanya orang menggunakan long tail keyword berniat untuk membeli.

    Misalnya, ada orang mencari dengan kata kunci "mobil merah", tentu yang dicarinya adalah informasi tentang mobil merah. Berbeda dengan orang yang mencari dengan kata kunci "beli mobil merah", sudah pasti orang tersebut ingin membeli mobil merah.

    Itulah sedikit gambaran mengenai keyword atau kata kunci dalam SEO. Silahkan lanjut ke bab berikutnya yang membahas tentang Conten marketing dan SEO.



    Anda telah menyelesaikan 3 dari 7 bab
    43%


    Content Marketing dan SEO

    Panduan Belajar SEO: Conten Marketing and SEO

    Dalam BAB Conten Marketing ini, kita akan membahas mengenai strategi pemasaran konten dalam SEO. Pemasaran konten ini merupakan salah satu hal penting dalam setiap strategi SEO. Jika ada pertanyaan mengenai content marketing dan SEO. Keduanya itu ibarat koin. Sisi sebelah itu content marketing dan sisi sebelahnya lagi SEO.

    Antara pemasaran konten dan SEO harus saling berbarengan. Tidak boleh hanya satu saja yang dijalankan. Sebab, jika SEO tanpa pemasaran konten ataupun pemasaran konten tanpa SEO, keduanya tersebut tidak akan membuahkan hasil yang maksimal. Dan bahkan proses pengembangan website akan sangat sulit. Kemungkinan berhasil akan lebih sedikit.

    "Lalu, apa sih sebenarnya content marketing itu mas?"

    Silahkan simak pembahasannya sob.

    Apa itu Content Marketing?

    Conten marketing adalah suatu usaha pemasaran konten yang dilakukan dengan cara membuat atau menyediakan konten-konten yang bermanfaat, hal ini ditujukan agar mereka para pembaca atau pengunjung bisa mengenal bisnis atau usaha anda.

    Contoh penerapannya seperti ini:

    Ada sebuah produk suplemen fitness menerbitkan konten-konten yang berisi tentang pelatihan dan pola makan untuk mengembangkan otot. Dengan demikian, orang mencari informasi tentang konten tadi akan tiba ke website penjual produk suplemennya.

    Ada sedikit hubungan yang sudah bisa anda ketahui dari contoh di atas. Seorang content marketer membutuhkan pengetahuan SEO agar bisa mendapat peringkat yang baik untuk kontennya pada mesin pencari seperti Google.

    SEO modern adalah conten marketing + SEO

    Bagi para blogger atau para internet marketer yang antusias dengan SEO, kebanyakan selalu mencari celah agar blog atau websitenya bisa mendapat peringkat terbaik dalam mesin pencari seperti google. Entah itu dengan cara memainkan keyword, backlink, atau social signal.

    Sebenarnya SEO itu memiliki kunci yang bisa kita bongkar, baik untuk sekarang maupun masa depan. Yaitu dengan cara melihat apa yang sebenarnya diinginkan masing-masing pihak.

    Dalam SEO, ada 3 pihak yang perlu anda pahami sob. Yaitu:
    • Pihak pengunjung atau pengguna internet.
    • Pihak pemilik website.
    • Dan pihak mesin pencari seperti Google.

    Permainannya seperti ini: Pihak pengunjung atau pengguna menginginkan informasi suatu hal (misal: sepak bola), pemilik website ingin mendapat peringkat teratas untuk informasi sepak bola, dan Google akan menyediakan yang terbaik untuk informasi sepak bola.

    Dengan demikian bisa diambil kesimpulan, bahwa pengunjung ingin mendapatkan informasi terbaik secepat mungkin. Nah, untuk memuaskan pengunjung, google akan menempatkan informasi terbaik di posisi teratas. Jikalau anda ingin agar website anda menempati posisi teratas, maka yang harus anda lakukan adalah membuat konten tentang informasi tersebut dengan sebaik mungkin.

    Maka dalam hal SEO, konten sangat berperan penting dan bahkan terpenting.

    Yang dimaksud konten terbaik adalah konten yang berisi tentang informasi atau artikel yang berkualitas, bermanfaat, memiliki waktu jangka panjang, dan mudah dipahami.

    Jadi, bisa disimpulkan bahwa dalam Digital Marketing, posisi SEO dan Content Marketing saling berhubungan, dan keduanya tidak bisa dipisahkan. Jika dipisahkan tentu akan berat sebelah dan akan sulit masuk ke posisi teratas di mesin pencari.

    Lalu, apa yang harus saya lakukan?

    Setelah anda tahu peranan penting dari konten dalam SEO, maka yang perlu anda lakukan sekarang adalah mulai fokus dalam pembuatan konten dan penerbitan konten. Tapi ingat sob, jangan asal-asalan dalam membuat konten. Jika konten yang dibuat itu hanya asal-asalan, maka tidak akan baik untuk SEO, dan bahkan tidak akan menghasilkan apapun untuk website anda sob.

    Setiap orang tentu tidak ingin membaca banyak konten yang tidak masuk akal atau tidak berkualitas, begitu pula dengan Google. Oleh sebab itu anda harus memperhatikan aturan mainnya dalam pembuatan konten.

    Silahkan perhatikan aturan mainnya berikut ini:

    1. Lebih diutamakan kualitas konten daripada kuantitasnya

    Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa para pengunjung atau pengguna internet pasti tidak mau membaca konten jika konten tersebut tidak berkualitas. Begitu juga dengan google, google pun tidak ingin meletakkan konten tidak berkualitas di posisi teratas. Sebab, google juga ingin memberikan yang terbaik untuk pengunjung.

    Oleh sebab itu anda harus selalu membuat konten yang berkualitas, jangan konten yang asal-asalan.

    Jika ada yang bertanya, "lalu bagaimana dengan kuantitas, mas?".

    Kuantitas dalam hal konten tidak terlalu dipentingkan. Lebih utamakan kualitas daripada kuantitas. Kuantitas hampir berbanding terbalik dengan kualitas. Kecuali jika anda memiliki penulis yang profesional yang banyak.

    Biasanya, semakin banyak menerbitkan konten akan semakin sulit mempertahankan kualitasnya. Sebab, kebanyakan orang membuat konten hanya ingin punya konten yang banyak. Jadi tidak mempedulikan kualitas, tapi hanya kuantitas.

    Jika anda ingin membuat konten, usahakan yang dibahas didalam konten yang anda buat itu tidak sama dengan website lain. Dan pastikan juga nilai konten anda lebih tinggi. Tentu kualitasnya juga harus tinggi.

    Dalam membuat konten atau poastingan, anda harus memperhatikan SEO didalamnya, selain itu, juga harus tahu seperti apa konten yang disukai oleh pengunjung.

    Jika anda masih bingung cara membuat konten atau postingan yang SEO dan disukai oleh pengunjung, silahkan baca:

    2. Konten berkualitas saja belum cukup (Keyword dan pemasaran juga harus diperhatikan)

    Ini yang sering dilupakan oleh para content marketer. Mereka banyak membuat konten yang mungkin berkualitas, namun sering melupakan keyword atau kata kunci dalam judul maupun isi konten. Dan juga terkadang melupakan akan pemasaran konten yang telah dibuat.

    Konten memang memegang peranan yang sangat penting sob, namun google tetap saja robot. Google bisa menentukan apakah artikel itu relevan dengan apa yang diinginkan tapi mereka tidak bisa langsung membaca artikel untuk menentukan kualitasnya.

    Oleh sebab itu, faktor dari luar juga harus diperhatikan. Setelah anda membuat dan menerbitkan konten, anda harus memberitahukan keberadaan konten anda tersebut. Yaitu dengan MEMPROMOSIKAN KONTEN anda sob.

    Selain itu, keyword atau kata kunci juga sangat berperan penting dalam SEO. Biasanya ada 4 kesalahan yang sering dilakukan dalam penggunakan keyword.
    • Keyword stuffing (Menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang).
    • Keyword umum (Kata kunci yang diincar terlalu umum tanpa peduli tujuan pencariannya).
    • Tanpa keyword (Tidak menggunakan kata kunci, padahal konten yang mengincar kata kunci tertentu akan mendapat volume pengunjung yang lebih besar).
    • Persaingan internal (Ada lebih dari satu konten mengincar keyword yang sama dalam website anda. Maka akan terjadi persaingan internal halaman. Sebab, umumnya 1 website hanya muncul sekali dalam 1 halaman di 1 hasil pencarian).
     

    3. Google akan me-rangking halaman bukan website

    Yang perlu anda ketahui sob, Google tidak merangking website anda, melainkan halaman anda yang berisi konten. Jadi, yang mendapatkan posisi terbaik hanyalah konten terbaik.

    Namun tidak cukup jika hanya konten terbaik, biasanya banyak orang yang membuat lebih dari satu konten namun mengincar kata kunci yang sama. Maka ini akan menyebabkan persaingan internal, yaitu bersaing dengan diri sendiri. Tapi biasanya atau umumnya google hanya menampilkan 1 halaman dari 1 website di halaman hasil pencarian.

    Satu tips yang kami ambil dari Website PanduanIM yang bisa anda terapkan yaitu, lebih baik membuat 1 konten dengan kualitas setinggi mungkin daripada membuat 2 konten berbeda dengan topik yang sama persis.

    Pengecualian: memahami lebih dalam search intent

    Yang perlu anda perhatikan dalam pengecualian ini adalah tidak semua kata kunci yang digunakan untuk mencari di mesin pencari google itu merangking konten seperti artikel, video, atau foto.

    Misalnya, ada orang yang menuliskan kata kunci "beli handphone" di mesin pencari. Kira-kira yang dicari oleh orang tersebut? Apakah artikel tentang cara membeli handhone, atau video tentang tips membeli handphone, atau toko online yang menjual handphone?

    Tentu jawabannya adalah toko online yang menjual handhone. Google pun menyadari akan hal itu. Oleh sebab itu kita harus memahami kata kunci yang akan kita gunakan sob.

    Jika pengunjung menginginkan konten, maka google akan menyediakan konten. Tapi kalau mereka ingin membeli suatu produk, maka mereka akan menyediakan halaman-halaman yang menjual produk tersebut. Jadi, google akan menyediakan sesuai apa yang diinginkan pengunjung dengan kata kunci yang sesuai pula.

    Itulah sedikit penjelasan mengenai Content Marketing sob. Silahkan lanjut ke bab berikutnya yang akan membahas tentang Off Page SEO.


    Anda telah menyelesaikan 4 dari 7 bab
    57%


    Off Page SEO: Membangun Link dan Popularitas

    Panduan Belajar SEO: Off Page SEO

    Off page SEO adalah salah satu usaha optimasi mesin pencari yang dilakukan dari luar website. Berbeda dengan on page SEO yang dilakukan dari dalam website.

    Jika di bab sebelumnya kita sudah mempelajari mengenai on page SEO, sekarang kita akan belajar mengenai off page SEO.

    Perlu kita ketahui sob, bahwa on page SEO saja tidaklah cukup untuk mendorong blog atau web kita masuk ke posisi teratas mesin pencari. Apalagi jika web tersebut masih tergolong baru dan belum memiliki audience. Kecuali blog atau web anda mentargetkan persaingan kata kunci yang rendah.


    Sebelum berlanjut ke pemahaman mengenai off page SEO, saya akan menyinggung sedikit tentang hubungan search engine dengan link. Dalam hal ini, mesin pencari seperti google memiliki bot yang bertugas melakukan crawling di internet. Dan crawling miliki google ini bernama Googlebot.

    Googlebot ini akan bergerak dari website ke website melalui link yang tercantum di setiap halaman web. Kemudian akan disusunlah index dan urutan peringkat website dari data yang telah dikumpulkan oleh Googlebot.

    Googlebot menggunakan link sebagai navigasinya, sehingga website yang memiliki link dari luar akan mendapatkan preoritas lebih tinggi mendapat peringkat teratas mesin pencari google. Semakin banyak dan semakin tinggi kualitas linknya akan semakin mudah pula website anda mendapatk peringkat teratas sob.

    Inilah sebab mengapa backlink sangat penting untuk kita perhatikan sob. Dalam SEO, backlink memiliki peranan penting untuk mendongkrak peringkat website anda di dalam kompetisi mesin pencari.

    Strategi link building yang salah

    Banyak orang yang ingin mendapatkan peringkat baik di mesin mencari seperti google. Tapi disisi lain, mereka malas membuat konten berkualitas, malas melakkan pemasaran, dan malas menerapkan strategi SEO lainnya. Sebalinknya, mereka hanya mengandalkan link building saja.

    Sebenarnya jika kita melakukan link building tapi tidak memperhatikan kualitas konten, hasilnya akan percuma. Bahkan bisa saja web kita malah akan mendapatkan hukuman dari Google sob.

    Yang perlu kita ketahui disini adalah link building yang baik adalah yang selalu berhubungan dengan pemasaran dan content marketing. Bukan melalui spamming atau melalui penggunaan bot atau juga menggunakan software otomatisasi.

    Berikut ini beberapa bentuk backlink yang tidak disukai oleh mesin pencari karena sering disalahgunakan.
    • Tukar link. Cara ini sangat popular di era pertengahan sampai tahun 2000-an. Namun saat ini bertukar link secara langsung tidak memberikan manfaat positif lagi.
    • Membeli link atau memanfaatkan jasa backlink. Memang cara ini bisa membuat web anda naik dengan pesat, namun hal ini tidak akan bertahan lama karena kemungkinan besar akan terkena hukuman dari Google.
    • Komentar di blog atau forum. Link yang didapat dari komentar di blog atau forum tidak memberikan manfaat besar. Biasanya keduanya ini malah jadi LAHAN SPAM.
    • Auto-approve link. Segala bentuk link yang tidak melalui moderisasi dari pemilik web. Artinya, link tersebut akan langsung muncul ketika anda memasukkan alamat web anda.
    • Menggunakan software bot. Memang ada beberapa software atau tool yang bisa digunakan untuk mendapatkan link secara otomatis. Namun ketahuilah bahwa link tersebut memiliki kualitas rendah dan bahkan bisa merusak website anda sob.
    • Private blog network. yaitu sekumpulan website yang dikendalikan oleh satu orang dengan tujuan untuk menampung atau sebagai ladang backlink ke website utama. Ini bukanlah cara yang baik karena bisa membuat google memberikan hukuman terhadap website yang menggunakan cara tersebut.
    • Spam. Seperti yang telah disinggung sedikit diatas, bahwa spam bukanlah cara yang baik untuk dilakukan. Bahkan spamming ini dapat membuat kualitas web anda menjadi menurun.

    Semua cara yang dicantumkan diatas adalah cara yang tidak baik untuk anda lakukan. Hal maksimum yang akan anda dapatkan adalah mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari namun dalam jangka yang pendek. Dan kemungkinan besar dalam jangka pendek akan mendapatkan hukuman atau terkena pinalti dari Google. Oleh sebab itu anda lebih baik menghindari semua cara tersebut.

    Meskipun anda memiliki banyak konten, tapi kalau anda masih melakukan optimasi off page seperti semua cara yang diatas, website anda tetap masih berpotensi terkena pinalti Google. Web anda tetap tidak akan terhindar dari hukuman dari google. Sebab itu merupakan teknik yang melanggar.

    Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai link building yang baik itu bagaimana, anda bisa terus mengikuti panduan ini, sebab akan dibahas di bab selanjutnya yang lebih lengkap.

    Jika di perjelas lagi, konten itu merupakan teknik ON PAGE, sedangkan backlink adalah teknik OFF PAGE. Lalu yang menajdi pertanyaan, apa hubungan antara keduanya?

    Jika ditanya soal hubungan antara konten dengan backlink, sebenarnya sangat berhubungan sob. Berdasarkan kutipan dari Bing yang artinya kurang lebih seperti ini:

    Jikalau website anda memiliki value (nilai) dan value ini terlihat oleh orang lain, maka akan dengan senang hati mereka memberikan link kepada anda. Inilah esensi dari link building.

    Nah, jika anda ingin memberikan value, tentu anda harus memiliki konten-konten yang berkualitas dulu. Untuk memperlihatkan value ini kepada orang lain, anda harus giat dalam memasarkan konten yang telah anda buat. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa content marketing adalah sumber dari backlink anda.

    Social media dan off page SEO

    Memang sosial media marketing ini tidak ada hubungannya dengan SEO. Namun memasarkan konten anda di sosial media sangatlah penting sob. Hal ini merupakan salah satu cara baik untuk memperkenalkan website anda kepada banyak orang.

    Jadi, tidak hanya memperhatikan kualitas konten anda saja, tapi juga harus memasarkan konten anda yang berkualitas tersebut kepada para calon pengunjung atau kepada para pengguna internet. Dan sosial media berperan penting dalam hal ini.

    Ketika orang lain atau pengguna internet atau pengguna sosial media melihat konten anda dan merasa tertarik, bisa jadi mereka dikemudian waktu akan kembali lagi dan merekomendasikan web anda untuk dijadikan referensi, sumber baca, atau rekomendasi share, like, dan sebagainya. Tentu ini akan menjadi keuntungan bagi anda sob.

    Inilah sebab mengapa kita harus tetap aktif di sosial media sob. Karena sosial media juga berperan penting dalam pemasaran konten.

    Faktor rangking off page SEO

    Jika ditanya tentang off page SEO, off page SEO itu sendiri adalah permainan popularitas website. Dalam menentukan popularitas website, google menggunakan beberapa faktor. Salah satunya adalah backlink.

    Tapi tidak sembarang backlink sob. Backlink yang bisa mendongkrak rangking website kita adalah backlink yang memenuhi kriteria backlink berkualitas. Berikut ini beberapa faktor penentu rangking dari luar website atau backlink.

    Backlink yang berkualitas akan berpengaruh kuat bagi website anda. Nah, berikut ini beberapa hal yang menentukan kualitas backlink:
    • Reputasi website
    • Kesamaan topik
    • Penempatan backlink dalam web
    • Keaktifan website
    • Dofollow dan nofollow
    • Kesamaan bahasa
    • Umur backlink
    Pada poin penempatan backlink dalam web, penempatan yang terbaik adalah backlink yang ditempatkan didalam teks. Istilah lainnya adalah contextual link. Hal ini dikarenakan google membaca isi teks yang mengelilingi link tersebut dan memutuskan dalam konteks apa link tersebut dipasang. Alhasil, web anda akan mendapatkan poin plus untuk keyword tersebut.

    Semakin banyak backlink akan semakin baik pula yang anda dapatkan. Ya, jumlah backlink yang banyak akan dapat lebih cepat mendongkrak rangking web anda menjadi yang teratas.

    Namun harus ingat. Tidak hanya banyaknya jumlah backlink.

    Kuantitas dan kualitas harus sejalan. Jika anda mendapatkan backlink dari website yang tidak memiliki reputasi, tentu ini tidak dihitung sebagai faktor atau pengaru positif pada web anda sob.

    Anchor text yang digunakan dalam link dibaca oleh mesin pencari sebagai kata kunci. Web anda akan mendapatkan poin plus dalam teks yang digunakan sebagai anchor.

    Tapi yang perlu diingat, penggunaan anchor yang berulang-ulang tidak lagi memberikan pengaruh positif bagi website anda lagi. Jika dalam suatu postingan terdapat 2 link menuju website anda dan menggunakan anchor yang berbeda, maka google akan menggunakan anchor yang pertama.

    Jenis-jenis backlink sangatlah banyak sob, salah satunya adalah yang telah dijelaskan tadi yaitu contextual link. Selain itu, ada juga jenis backlink lainnya seperti blog comment, profile, bio, widget, advertorial, directory, dsb.

    Terlalu banyak menggunakan satu jenis backlink (menggunakan jenis backlink yang sama namun diulang-ulang) itu tidak akan memberikan efek yang optimal bagi web anda. Secara logika, kalau kita mendapatkan backlink secara alami pasti akan berbeda-beda atau beragam. Inilah mengapa mesin pencari seperti google menggunakan keragaman sebagai faktor pengaruhnya.

    5. Aktivitas sosial

    Kepopuleran suatu website juga bisa tergantung pada seberapa sering website tersebut aktif dalam media sosial dan jejaring sosial. Aktivitas dari suatu website di media sosial dapat diukur dari jumlah share dan like ke jejasing sosial. Jadi, jika share yang diperlihatkan itu sedikit, maka keaktivan dalam media sosial juga masih rendah.

    6. Reputasi sosial

    Google dapat memahami sentimen dalam setiap komentar yang ada. Artinya, jikalau ada seseorang atau ada pengunjung yang berkomentar pada website anda namun dengan komentar negatif, maka komentar tersebut akan berpengaruh buruk pada website anda. Sebab, google akan dapat mendeteksi komentar buruk tersebut. Jika keburukan komentar melewati batas, maka bisa menyebabkan web anda terkena hukuman dari google.

    Begitu juga sebaliknya, sentimen positif juga akan memberikan dampak positif pada website anda sob.

    7. Faktor personal pengguna

    Sejak google menerapkan personalized search, hasil pencarian dalam keyword yang sama bisa berbeda untuk setiap akun Google. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti berikut ini:
    • Pernah tidaknya pengguna mengunjungi suatu website
    • Tingkat kepuasan pengguna terhadap suatu website
    • Apakah suatu website pernah dishare oleh temannya
    • Bahasa dan negara.
    Google tidak pernah mengeluarkan faktor resmi yang dapat mempengaruhi peringkat sob. Sebab, faktor-faktor diatas didapat secara empiris.

    Itulah sedikit penjelasan mengenai Off Page SEO sob. Silahkan lanjut ke bab berikutnya yang akan membahas tentang Link Building.


    Anda telah menyelesaikan 5 dari 7 bab
    71%


    Link Building: Membangun Backlink Berkualitas

    Panduan Belajar SEO: Link Building

    Link Building itu apa sih? Link building adalah cara bagaimana kita mendapatkan backlink dari website atau blog lain menuju website atau blog anda. Apa keuntungannya? Tentu saja keuntungannya yaitu agar mendapatkan pengunjung yang banyak.

    Tahapan rantainya seperti ini sob. Anda punya blog dan ingin memiliki pengunjung yang banyak. Nah, untuk mendapatkan pengunjung yang banyak, blog atau website anda harus sering berada di rangking teratas atau di halaman pertama pencarian google. Nah, untuk mendapatkan rangking teratas di pencarian google, anda tentu membutuhkan backlink.

    Mengapa backlink? Karena backlink merupakan salah satu faktor utama dalam SEO.

    Tapi tidak semudah itu dalam mendapatkan backlink sob. Sekarang google sudah mulai ketat dan bahkan melakukan seleksi yang lebih canggih lagi mengenai backlink dalam setiap website atau blog. Sehingga kita tidak bisa sembarangan dalam mencari backlink. Karena kalau sembarangan bisa memberikan efek negatif pada web atau blog kita sendiri.

    Untuk membuat backlink yang baik, anda harus menggunakan cara yang alami dan tentunya tetap memperhatikan kualitas dari backlink tersebut. Kedua faktor ini akan menentukan efek dari backlink yang anda buat, oleh sebab itu anda perlu teknik khusus sob.

    Teknik apa saja yang dimaksudkan? Simak terus penjelasannya.

    Sebelum kita masuk ke teknik atau strategi building yang baik dan benar, kita perlu tahu terlebih dahulu, cara seperti apa saja yang tidak boleh kita lakukan dalam memasang link building atau mencari backlink.

    Nah, cara yang tidak diperbolehkan itu semua tentunya tidak lepas dari yang namanya teknik black hat. Teknik ini memang akan memberikan backlink yang cepat dan bahkan banyak, namun anda juga perlu tahu sob, teknik ini memiliki risiko yang tingi bagi blog anda.

    Hindarilah teknik-teknik black hat, seperti:
    • Private blog network
    • Redirect 301
    • Submit artikel di direktori dan press release
    • Guest blog secara massal di website yang kualitasnya rendahan
    • Web 2.0 yang jumlah artikelnya cuma 1-2 artikel/post saja
    • Membeli backlink menggunakan jasa penyedia backlink
    • Linkweel, pyramid, dan tiered link
    • Melakukan spam di forum dan komentar blog
    • Submit di social bookmarking secara massal.

    Mungkin banyak yang masih bingung mengenai istilah-istilah di black hat di atas. Tenang, anda tidak perlu memahaminya sob. Namun ketika anda bertemu dengan cara-cara yang mengandung istilah tersebut, anda paham bahwa cara tersebut adalah cara hitam atau black hat.

    "Lalu yang cara putih, yang bersih, yang benar itu seperti apa mas?"

    Cara yang putih yaitu dengan cara yang alami. Ya, cara natural namun tetap memperhatikan kualitasnya.

    Intinya gini sob,

    1. Anda memiliki website dan konten yang berkualitas
    2. Lalu anda memberitahukan konten yang ada di website anda itu kepada orang lain
    3. Ketika orang lain menilai konten anda berkualitas, maka orang lain akan merekomendasikan konten anda melalui websitnya untuk orang-orang lainnya.

    "Loh? Kalau seperti itu akan sulit dan membutuhkan waktu yang sangat lama dong mas?"

    Memang sulit dan juga lama. Jika dibandingkan dengan black hat, susahnya dan lamanya berkali lipat. Tapi coba piki lagi sob. Misalnya seperti ini:
    • Anda mendapatkan sedikit backlink, rangking blog/web anda naik dengan cepat, dan tanpa ada risiko. (White hat)
    • Anda mendapatkan backlink banyak, rangking blog/web naik secara perlahan, dan risiko sangat tinggi. (Black hat)

    Diantara kedua pilihan tersebut, anda pilih mana sob?

    Pasti jawabanya pilih yang pertama kan? Itulah cara white hat. Memang susah, namun hasilnya akan sangat memuaskan, tanpa risiko, dan bisa bertahan sangat lama bahkan selamanya tanpa takut rangkingnya turun.

    Nah, untuk mendapatkan backlink yang semacam itu, simak penjelasan di bawah ini.

    14 Strategi mendapatkan backlink yang berkualitas

    Yang perlu diingat dari strategi backlink ini, hasilnya tidak seketika langsung di dapat sob. Butuh proses yang tidak sebentar dan juga tidak mudah. Namun hasilnya 100% aman dan bisa bertahan lama.

    1. Sebagai pondasi utama, siapkan konten yang berkualitas

    Semua praktisi SEO pasti sepakat point yang pertama ini. Karena memang mustahil akan mendapatkan backlink berkualitas tanpa memiliki konten yang berkualitas pula.

    Kita perlu balik lagi ke konsepnya sob, bahwa Backlink = Rekomendasi.

    Artinya, kalau orang lain membuat backlink untuk blog kita, maka sudah pasti blog kita direkomendasikan oleh orang tersebut. Maka sudah pasti artikel dari blog kita merupakan artikel yang berkualitas. Karena tidak mungkin kan mereka merekomendasikan artikel yang tidak berkualitas? Buat apa coba sob?

    Untuk menilai konten itu berkualitas atau tidak, mudah kok. Bahkan mesin pencari seperti Google bisa menilai konten di blog kita itu berkualitas atau tidak.

    Misalnya, salah satu ciri-ciri konten yang tidak berkualitas: tidak dibaca lama-lama oleh pengunjung.

    Lihat saja sendiri di Google, mustahil ada konten atau artikel yang tidak berkualitas berada di halaman 1 (kecuali kalau memang semuanya tidak berkualitas)

    Itu sebabnya konten merupakan pondasi dari link building.
    Konten yang berkualitas adalah pondasi utama link building

    Lalu seperti apa sih konten yang berkualitas itu mas?
    • Isinya jauh lebih baik daripada konten lain yang sejenis
    • Topiknya diminati oleh kalangan tertentu yang antusias
    • Menyelesaikan tuntas masalah yang dihadapi banyak orang
    • Disajikan dengan menarik sehingga mudah dinikmati

    2. Minta baik-baik kepada website lain untuk memberikan backlink

    Terdengar konyol ya? Memang konyol sob. Mana ada orang yang mau ngasih backlink secara cuma-cuma untuk blog kita?? Kecuali memang orang tersebut benar-benar baik hati sob. Tapi itu jarang, mungkin 1:100. Hehe

    Dalam poin ke dua ini, kita tidak langsung minta backlink begitu saja.

    Pertama, anda harus pahami bahwa backlink sukarela dari website lain yang aktif merupakan jenis backlink terbaik. 1 backlink saja, peringkat langsung meroket.

    Tapi ingat, mereka tidak akan memberikan backlink kepada anda kalau konten yang anda buat tidak berkualitas. Jadi, kunci utamanya yaitu tetap pada kualitas konten yang kita buat.

    Sekarang, coba lihat konten yang pernah anda buat. Coba pikirkan, "Kira-kira, apakah ada orang yang mau merekomendasikan konten yang anda buat tersebut?".


    Misalnya, anda melihat konten tersebut di media sosial seperti Facebook atau Twitter, "ketika anda bertemu dan melihatnya, apakah anda berkeinginan membacanya?"

    Itu yang pertama sob...

    Karena disini ada dua alasan mengapa seseorang merekomendasikan konten atau artikel anda:
    • Isinya luar biasa (sudah kita bahas tadi)
    • Mereka tahu siapa anda

    Alasan kedua ini sangat penting...

    Karena secara ilmiah sudah terbukti sob. Orang akan memberikan bantuan tentu yang paling diutamakan adalah orang yang dikenalnya, sama halnya dengan kita bukan? Kalau ada orang yang kita kenal dan meminta bantuan kepada kita, kita akan cenderung lebih rela untuk membantunya.

    Oleh sebab itu kita perlu menjalin hubungan baik dengan mereka yang blog atau websitennya sudah sukses.

    Tahapannya seperti berikut:
    • Temukan pemilik website yang topik atau temanya mirip dengan web atau blog anda. Tentunya web yang kita cari yaitu web yang sudah populer.
    • Temukan kontak dan akun jejaring sosialnya.
    • Berikan komentar bermutu setiap kali ada artikel baru, tweet dan share artikel mereka, coba mulai percakapan melalui social media, pasang link ke konten mereka.
    • Ajak mereka untuk ngobrol santai, jalin hubungan baik dengan mereka.

    Yang terpenting ada di tahap ketiga.

    Ingat, kita akan menjalin hubungan dengan orang yang sudah lebih sukses.

    Namun kemungkinan besar kita akan diabaikan karena kita bukan siapa-siapa, kecuali kalau kita berbuat baik dulu kepada mereka. Karena intinya berteman adalah saling menguntungkan, bukan hanya anda yang diuntungkan dan mereka yang direpotkan, itu sudah pasti anda akan dibuang. Itulah kerasnya pertemanan jika hanya untuk saja yang dipikirkan.

    Jika ingin sukse, jalinlah hubungan dengan mereka yang telah sukses duluan. Nah, untuk mendapatkan hati mereka, cara yang cepat yaitu dengan membantu mereka terlebih dahulu. Ini teknik sederhana, namun efek jangka panjangnya luar biasa.

    3. Broken link building

    Poin nomor 3 ini merupakan teknik tingkat lanjut dari nomor 2. Karena intinya sama, yaitu meminta orang lain untuk memberikan link kepada kita.

    Broken link itu apa sih mas?

    Broken link artinya link dari suatu halaman website ke website lain yang sudah mati. Ketika di-klik, halamannya sudah tidak ada.

    Karena domainnya kadaluarsa, salah tulis, artikelnya dihapus, atau karena lainnya.

    Nah, dalam broken link building, kita akan mencari broken link dari website lain. Kemudian kita akan membantu mereka memperbaiki broken link tersebut dengan memberikan website kita sebagai alternatifnya.

    Seperti contoh berikut:

    Panduan Belajar SEO: Broken Link Building

    Dari contoh broken link pada gambar di atas, tentu sudah pasti kita akan mendapatkan backlink, karena pemilik web atau blog tersebut dengan senang hati menyetujui dan memberikan backlink dengan suka hati.

    Contoh lain:

    Website A memiliki artikel dengan tema/judul "Cara Menghilangkan Jerawat".

    Di artikel tersebut ada sebuahh link, dimana link tersebut menuju ke artikel di situs lain tentang "Jerawat Batu". Namun ketika kita lihat, ternyata link tersebut tidak bisa diakses karena broken link atau tidak ada link URLnya.

    Maka, manfaatkanlah sob...

    Bagaimana cara memanfaatkannya? Yaitu dengan membuat 1 artikel dengan topik atau tema yang sama dengan artikel di broken link tadi. Bukan artikel sembarangan, tapi artikel yang isinya lebih bagus daripada artikel aslinya.

    Tapi bagaimana cara mengecek broken link tadi? Anda bisa menggunakan Wayback Machine.

    Setelah anda lihat ada broken link di website tersebut, maka anda tinggal menghubungi pemilik website untuk memasang link artikel di web anda ke brokenlink di artikel web yang anda temui tadi.

    Kemungkinan besar kita akan mendapatkan backlink dari cara tersebut apabila cara kita baik-baik.

    4. Resource link building

    Ketika anda berselancar di dunia internet, kemungkinan besar anda akan menemukan artikel semacam ini:

    "5 Fashion Termahal di Indonesia", "7 Teknologi Tercanggih di Dunia", "10 Wisata Terbaik di Jogjakarta", atau sejenisnya.

    Jika anda buka dan anda lihat, artikel ini sudah menampung banyak link menuju web atau blog lain, dan 1 penambahan link lagi mestinya tidak menjadi masalah bagi pemilik web atau blog pembuat artikel tersebut.

    Jika topiknya sama atau nyambung dengan web atau blog anda, nda bisa memanfaatkannya sob.

    Silahkan hubungi pemilik web tersebut, informasikan bahwa anda memiliki blog dengan topik sejenis dan artikel yang nyambung. Suruh pemilik website untuk memeriksa web atau blog anda lalu mintalah kepada pemilik web tersebut untuk memasukkan web atau blog anda ke daftar dalam artikel tersebut.

    Anda hanya perlu memberikan penjelasan singkat agar mempermudah pemilik web untuk memasukkan blog anda ke daftar dalam artikelnya.

    5. Intip backlink dan strategi milik kompetitor

    Banyak praktisi SEO yang menggunakan teknik ini, bahkan teknik yang satu ini merupakan teknik favorit mereka. Lalu bagaimana cara melihat backlink milik kompetitor anda?

    Untuk melihat backlink milik kompetitor anda, anda bisa menggunakan layanan seperti Majestic SEO, OpenLinkProfiler, Ahrefs, Open Site Explorer, atau SEO Spy Glass.

    Dari layanan yang menyediakan tools tersebut, anda bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dengan cara mendapatkan daftar backlink yang dimiliki oleh sebuah website.

    Backlink yang bisa anda tiru, misalkan dari hasil yang anda tampilkan ada yang berasal dari blog, website, atau forum tertentu, maka anda bisa ikut berpartisipasi atau mencoba mendapatkan link di website yang sama. Anda akan mendapatkan potensi yang besar dengan memanfaatkan hal tersebut.

    Jika sebelumnya anda tidak tahu, sekarang anda tahu mengapa website-website lain bisa berkembang sukses. Tapi anda juga perlu memperhatikan apakah link tersebut spam atau bukan. Dan hindari pula web atau blog yang kualitasnya rendah apabila tidak ingin mendapatkan resiko dari pemasangan backlink.

    6. Website direktori harus bersih dari spam

    Jika anda ingin mencari backlink, anda juga perlu berhati-hati sob. Hati-hati dengan website yang berbentuk direktori karena bisa berakibat negatif. Lalu seperti apa website yang berbentuk direktori?

    Website yang berdampak negatif tersebut memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    # Blog atau web tersebut memiliki direktori yang jelek, topiknya beragam, tanpa adanya seleksi penerimaan, dan tidak ada aktivitas pengunjung. Bahkan web yang terdaftar disana memiliki kualitas yang tidak jelas.

    Untuk menilai apakah direktori blog atau web tersebut jelek, sekilas saja melihat sebenarnya sudah bisa menilai.

    # Sebaliknya, web yang memiliki direktori bagus yaitu direktori yang dimoderasi dengan ketat agar web yang terdaftar disana merupakan web yang benar-benar berkualitas dan memiliki topik yang tepat.

    Jika anda menemukan direktori bagus, maka segeralah daftarkan web atau blog anda agar mendapatkan backlink yang berkualitas.

    Ingat, jangan submit website anda ke  website yang repotasinya tidak jelas.

    7. Guest blogging untuk mendapatkan traffic

    Guest blogging merupakan cara yang terbaik dan termudah untuk mendapatkan traffic dan mendapatkan peringkat di search engine Google. Oleh sebab itu para pakar SEO banyak yang merekomendasikan cara ini, khususnya bagi anda yang blog atau webnya masih baru.

    Blog atau web yang masih baru tentu tidak ada satupun orang yang tahu keberadaannya. Bahkan meskipun anda membuat artikel seketika sebanyak 100 pun tidak akan ada pengunjungnya kecuali anda sendiri. Lalu bagaimana?

    Silahkan anda masuk di tempat yang ramai." Maksudnya?"

    Ya, carilah website atau blog yang pengunjungnya sudah banyak. Jika anda melakukan guest blogging di website tersebut, maka secara perlahan pengunjung dari website tersebut akan mengenal web atau blog anda. Pengunjung web tersebut juga nantinya akan menjadi pengunjung web anda.

    Bukan hanya traffic yang meningkat, anda juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan melakukan guest blogging. Jika anda mendapat backlink berkualitas, maka ranking di Google pun akan ikut meningkat.

    Soal keuntungan, akan sama-sama diuntungkan dari kedua belah pihak. Maka dari itu banyak blogger yang menerima guest post, asalkan postingannya berkualitas dan tidak sembarangan.

    Namun, yang perlu anda ingat adalah tidak semua guest post itu berdampak positif. Bisa berdampak negatif pada website anda apabila anda sembarang memilih guest post dari sembarang blog. Bahkan Google pun pada 2014 menyatakan demikian dan bisa menyebabkan pinalti.

    Website yang juga perlu anda hindari yaitu website yang dibuat hanya untuk menampung guest post atau menjual guest post. Karena Google melarang menggunakan link berbayar seperti ini, maka anda bisa terkena pinalti dari Google, meskipun mereka bilang websitenya menawarkan dengan hight quality.

    Lalu bagaimana mencari website atau blog yang bisa menerima tamu dengan topik tertentu. Silahkan gunakan cara di bawah ini sob, jangan pakai tanda kutip.

    • "Topik" guest post
    • "Topik" guest blog
    • blogger tamu "Topik"
    • postingan tamu "Topik"
    • "Topik" write for us

    Contoh: "Internet marketing guest post".

    Setelah itu, anda hanya perlu menghubungi pemilik blog atau website tersebut melalui email. Meskipun di website mereka tidak menyatakan apapun tentang guest blog, tidak ada salahnya anda mencoba menghubungi mereka.

    "Lalu seperti apa ciri-ciri website yang bagus untuk guest blog?"

    Berikut ini ciri-cirinya:
    • Umur website sudah lebih dari 1 tahun
    • Topiknya cocok atau relevan dengan website anda
    • Memiliki traffic yang cukup tinggi dan bisa diberiksa di Alexa atau SimilarWeb
    • Pengunjungnya antusias membaca artikel website tersebut, bisa dilihat dari banyaknya komentar
    • Memiliki desain website yang bagus dan tidak berantakan serta kontenya berbobot.

    8. Memancing perasaan menggunakan konten ego bait

    Teknik ego bait ini memanfaatkan sifat manusia, yaitu dalam konten kita membahas mengenai seseorang/usaha/organisasi. Harapannya apa?

    Yaitu agar mereka menyadari umpan anda, lalu merasa senang dan bangga, kemudian mereka akan mempromosikan konten di website anda tersebut dalam bentuk link maupun mention di sosial media.

    Contoh penerapannya yaitu sebagai berikut:
    • Membuat konten dalam bentuk daftar kumpulan website, misalnya "10 Blog SEO Terbaik di Indonesia"
    • Membuat konten daftar artikel terbaik dalam suatu topik
    • Membahas spesifik mengenai kesuksesan/kisah orang tertentu dalam satu artikel.

    Satu tips yang perlu anda perhatikan untuk membuat konten ego bait.

    "Pastikan konten anda positif, berkualitas, dan bermanfaat bagi orang lain"

    Dengan begitu, kemungkinan besar konten ego bait anda akan efektif.

    9. Memancing perhatian menggunakan konten link bait

    Istilahnya hampir mirip dengan ego bait, akan tetapi pengertiannya berbeda sob.

    Link bait artinya anda membuat suatu konten dalam bentuk apapun yang dapat memancing perhatian banyak pengunjung, sehingga potensi mendapatkan backlink akan lebih besar.

    Bagaimana penerapan link bait yang benar?

    Ada beberapa bentuk penerapan yang perlu diperhatikan sob.
    • Artikel kontroversial, yang tentunya sudah viral dan jadi pembicaraan banyak orang
    • Konten interaktif yang dapat memberikan manfaat baik dan bisa menghibur para pengunjung
    • Artikel yang dapat menjelaskan suatu berita yang sedang viral
    • Membuat suatu kontes
    • Panduan apapun yang isinya lengkap, sehingga akan membuat orang yang membacanya selalu teringat ketika membahas topik tersebut.
    • Sajian berbagai analisa dan penelitian apapun.

    10. Manfaatkan content sharing platform

    Salah satu content sharing platform yang paling diincar oleh pemilik website baru yaitu social bookmark. Namun yang perlu anda ketahui, bukan hanya itu saja, masih ada content sharing platform jenis lainnya yang mungkin bisa anda coba sob.

    Berikut ini beberapa jenis content sharing platform:
    Beberapa jenis content sharing platform tersebut sudah memiliki basis audiens sendiri, kita pemiliki website baik itu baru maupun lama bisa menumpang untuk mendapatkan traffic lebih banyak.

    Memang tidak memberikan manfaat SEO secara langsung, namun beberapa platform tersebut merupakan media yang cocok dan efektif untuk mempromosikan konten baru dari website anda.

    Sebenarnya teknik ini bukan hanya berdampak baik, tapi juga bisa berdampak buruk atau negatif sob. Tapi hal itu akan terjadi apabila respon pengguanya tidak baik, yaitu berupa komentar, like, atau sharing yang isinya merugikan. Maka nantinya akan menjadi backling buruk.

    Oleh sebab itu, lebih baik kirimlah 1 konten berkualitas daripada 10-100-100 konten namun tergolong spam.

    11. Membuat konten yang berpotensi viral

    Sekarang sudah banyak konten yang viral, terganting kita bagaimana cara membuatnya, dan apakah hasilnya bisa menarik untuk dilihat dan dibaca atau tidak menarik sama sekali.

    Jika anda orang kreatif dalam membuat video, foto, atau musik, cobalah anda buat yang memiliki petensi akan viral. Jika anda bisa membuat satu saja konten viral, maka sudah pasti pengunjung akan melunjak tinggi dan jumlah share akan meningkat drastis. Dan tentu saja anda akan mendapatkan banyak backlink.

    Dengan 1 konten yang viral, sebenarnya sudah cukup untuk membuat website baru anda menjadi popular.

    12. Lakukan forum marketing, bukan forum spamming

    Banyak website baru yang terobsesi akan mendapatkan banyak backlink, karena obsesi tersebut, mereka memanfaatkan forum untuk dijadikan tempat spam. Sebenarnya itu salah sob. Forum bukan tempat untuk spam, melainkan tempat untuk orang-orang yang ingin belajar.

    Maksudnya spam dalam forum gimana? Yaitu menyebarkan banyak link yang tidak nyambung dalam pembahasan yang ada di forum, itu namanya spam.

    Sedangkan yang bukan spam yang gimana?

    Misalnya gini sob, dalam forum tersebut ada yang kesulitan saat belajar sesuatu. Nah, kesulitan tersebut anda manfaatkan untuk mempromosikan website anda dengan cara memberikan link konten anda beserta keterangannya untuk membantu proses belajarnya.

    Selain mendapatkan backlink yang baik dan berkualitas, reputasi website anda juga akan terbangun. Karena forum merupakan tempat untuk belajar, dalam hal ini yaitu untuk marketing, bukan untuk spamming.

    Yang perlu anda ketahui, jangan promosi secara langsung di sembarang forum.

    "Bagaimana cara melakukan forum marketing?"

    • Pastikan anda memilih forum yang sesuai dengan tema website anda
    • Buat akun yang serius di forum tersebut secara lengkap data dan fotonya
    • Ketika mereka bingung dan bertanya, buatlah jawaban yang lengkap dan mudah dipahami, intinya yaitu buat mereka merasa tidak perlu membaca jawaban milik orang lain
    • Ulangi langkah-langkah tersebut hingga anggota forum mengenali anda
    • Setelah itu, anda bisa sesekali memasang link website anda dengan artikel yang menarik.
    Banyak sekali website yang sekarang menjadi popular karena dulu memanfaatkan forum sebagai tempat untuk memperkenalkan websitenya.

    Namun yang perlu anda ketahui, anda juga perlu berhati-hati. Jangan sampai website anda mendapatkan cap buruk di forum yang anda masuki. Karena akan berdampak sangat panjang bahkan permanen.

    13. Dapatkan link dari brand mention

    Pada teknik ini bisa anda lakukan apabila anda sudah memiliki "nama", artinya nama website anda sudah dikenal oleh banyak orang.

    Nah, ketika ada website orang lain yang mengenal nama website anda, lalu membuat sebuah konten tentang website anda atau yang membahas sama dengan website anda namun mengambil referensi dari website anda, dan pemilik website tersebut menyebut atau mencantumkan nama website anda ke dalam konten yang dibuatnya. Tapi nama website anda ditulis hanya sekedar teks tanpa adanya link menuju website anda. Nah, anda bisa memanfaatkan hal itu.

    Dengan adanya peristiwa tersebut, anda bisa mendapatkan link dari brand mention, yaitu dengan menghubungi pemilik website untuk memasukkan link website anda ke dalam mention tersebut.

    Kami yakin pemilik website tersebut tidak keberatan dan bahkan dengan senang hati memasukkan link website anda ke dalam konten yang ditulisnya. Karena mereka membuat konten tentang website anda atau tema yang mengambil referensi dari website anda.

    "Lalu bagaimana menemukan brand mention ini?"

    Anda bisa menggunakan alat bantu yang telah ada, seperti berikut ini:
    Dengan memanfaatkan salah satu dari 4 tools di atas, anda bisa mendapatkan pemberitahuan melalui email apabila ada seseorang di internet yang menyebutkan brand anda.

    Di sini kami akan mencontohkan menggunakan Mention. Langkah awal anda hanya perlu membuat akunnya menggunakan gmail lalu login. Anda bisa langsung daftar menggunakan akun Google, Facebook, Twitter, atau Linkedin.

    Setelah login, anda akan dialihkan ke halaman berikut

    Panduan Belajar SEO: Link Building - Mention

    Silahkan isi company anda, karena kami ingin memonitor web TipsIM, maka akan saya isikan TipsIM.

    Kemduian isikan alamat website atau blog anda, dan masukkan facebook dan twitter jika punya. Di gambar itu kami hanya mengisikan facebook karena belum punya twitter.

    Panduan Belajar SEO: Link Building - Mention

    Setelah itu, akan muncul halaman baru, isikan mention yang ingin anda monitor lagi. Misal, kami ingin memonitor TipsIM, lalu saya menambahkan mention lagi dengan nama TipsIM.com. Karena mungkin saja ada orang yang menuliskan TipsIM.com di blog atau websitenya.

    Panduan Belajar SEO: Link Building - Mention

    Jika terdapat mention tanpa link, maka silahkan anda mengubungi orang yang memasang mention di web atau blognya untuk dimasukkan link website anda. Mintalah secara baik-baik agar mentionnya bisa menjadi link aktif yang bisa menuju ke website anda.

    14. Menggunakan jasa SEO yang serius

    Memang sebagian besar jasa SEO hanya menjual backlink saja, dan itu perlu dihindari dan sebaiknya jangan menggunakan jasa SEO yang hanya menjual backlink. Mereka para penjual backlink tahu bahwa link yang mereka jual akan berpotensi pinalty, tapi mereka tidak memberi tahu karena bisa menurunkan penjualannya.

    Yang kami maksud di sini bukanlah jasa SEO seperti di atas, melainkan jasa SEO yang serius, yaitu yang menawarkan optimasi menyeluruh mulai dari marketing dan publikasi online, pembuatan konten, serta optimasi struktur halaman. Jadi, yang anda cari bukanlah jasa SEO, melainkan jasa Inbound Marketing atau jasa Content Marketing.


    Anda telah menyelesaikan 6 dari 7 bab
    86%


    Memaksimalkan Kinerja SEO

    Panduan Belajar SEO: Memaksimalkan Kinerja SEO

    Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa SEO hanya perlu dilakukan 1 kali seumur hidup websitenya. Padahal tidak demikian sob. SEO merupakan proses berkelanjutan. Anda juga perlu memonitoring apakah website anda mengalami peningkatan atau malah mengalami penurunan performanya.

    Dalam panduan SEO ini, hal yang sangat perlu anda lakukan meskipun sudah dilakukan yaitu
    • On-Page SEO
    • Off-Page SEO
    • Conten Marketing
    Lalu lakukan sesuai langkah-langkah berikut ini:

    1. Integrasikan Search Console dan Google Analytics

    Memang banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan kedua tools ini. Karena mereka beranggapan bahwa kedua tools tersebut tidak wajib digunakan. Namun anda perlu tahu bahwa praktisi SEO yang serius mengangga kedua tools tersebut adalah tools yang wajib digunakan.

    • Untuk menginstal Google Analytics, anda bisa klik disini caranya
    • Setelah anda berhasil menginstalnya, silahkan masuk ke Search Console dan tambahkan website atau blog anda.
    • Silahkan tunggu dalam waktu yang tak singkat, yaitu beberapa hari baru akan memberikan efek hasil pemasangan.
    Data website yang telah dikumpulkan oleh Google Search Console nantinya akan digunakan untuk mengoptimasi lebih lanjut. Silahkan masukkan sitemap dengan format .xml untuk mempermudah Google dalam membaca situs anda.

    2. Lakukan crawling dengan salah satu alat bantu

    Mungkin anda bertanya apa itu crawling?

    Crawling adalah proses penjelajahan website disertai dengan pengumpulan informasi yang dilakukan oleh mesin pencari.

    Nah, kita akan meniru proses tersebut. Hal ini ditujukan untuk mengetahui gambaran besar website anda, apakah terjadi error atau terdapat broken link, duplikat internal, dan meta tag yang kosong. Anda bisa menggunakan salah satu tools berikut ini:
    Silahkan anda masuk ke salah satu link di atas dan download softwarenya. Lakukanlah scan dan perbaiki apa yang salah di website anda. Anda bisa melakukan secara rutin sebulan sekali atau sebagainya.

    3. Riset kata kunci lebih lanjut

    Anda juga perlu melakukan riset kata kunci lebih lanjut untuk nantinya diterapkan pada judul, meta description, dan konten website anda.

    Dengan melakukan riset keyword ini anda dapat menjadikan mesin pencari sebagai sumber utama traffic website anda. Yang perlu anda lakukan adalah riset kata kunci secara berkelanjutan.

    4. Analisa performa konten

    Apakah anda tahu bahwa +- 80% dari sebuah halaman di website anda adalah konten?
    Jika memang sebagian besar di halaman website adalah konten yaitu 80%, maka tentu pengaruh konten terhadap SEO juga +- 80% dari keseluruhan yang anda lakukan.

    Anda perlu tahu bahwa setiap orang pasti akan mencari konten yang memuaskan, maka mesin pencari pun akan memberikan peringkat yang bagus kepada website yang menyediakan konten yang dapat memuaskan pengguna internet.

    SELESAI...

    Itulah kurang lebihnya materi SEO yang perlu kita pelajari secara bertahap dari awal hingga akhir. Hal ini ditujukan agar kita bisa menerapkannya secara maksimal di website atau blog yang kita punya.

    Semoga panduan ini bermanfaat bagi kita semua. Salam blogger.

    Dari TipsIM, terima kasih untuk PanduanIM.


    Anda telah menyelesaikan 7 dari 7 bab
    100%




    Tak ingin ketinggalan artikel terbaru dari TipsIM ?
    Yuk berlangganan gratis via email:

    0 Response to "Panduan Belajar SEO: Pemahaman Hingga Penerapan (Lengkap untuk Pemula)"

    Post a Comment

    Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)

    Iklan Atas

    Iklan Tengah 1

    Iklan Tengah 2

    Iklan Bawah

    About Me

    My photo

    Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.