TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Selasa, 17 Januari 2017

Panduan Belajar HTML Dasar PART 1 - Pengertian HTML

Panduan Belajar HTML Dasar BAB 1 - Pengertian HTML
PART 1 - Pengertian HTML

TipsIM.com - Belajar HTML dasar. Pernahkah anda tertarik untuk mempelajari pemrograman web, sob? Jika iya, maka hal pertama yang perlu anda ketahui adalah anda harus paham mengenai HTML. Mulai dari pengertian HTML, maksud dari setiap kode HTML, hingga penerapannnya.

HTML itu sendiri merupakan dasar dari semua halaman web yang ada di internet. Ya, setiap halaman web atau blog yang anda kunjungi di internet itu memiliki dasara pengcodingan yang disebut HTML. Lalu, sebenarnya apa sih HTML itu? Nah, di postingan kali ini saya akan mencoba membuat tutorial atau panduan belajar HTML. 

Insyaallah panduan ini akan saya buat mulai dari awal pengertian HTML hingga penerapannya. Tapi karena panduannya terlalu panjang, akan saya pisah per-BAB-nya satu halaman. Jadi setiap satu postingan berisi satu BAB. 

Kita akan mulai dari awal, yaitu pengertian HTML. Simak panduannya di bawah ini.

Pengertian HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa markup internet berupa kode dan simbol yang dimasukkan ke dalam sebuah file dengan tujuan untuk ditampilkan dalam sebuah website. Atau lebih singkatnya adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website. Dan halaman ini bisa dilihat dengan menggunakan software atau aplikasi browser atau aplikasi penjelajah internet seperti Mozilla Firefox, Google Crome, dan Internet Explorer.

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. Dari kepanjangan HTML itu ada penjelasannya masing-masing. Berikut ini penjelasannya:
  • HyperText. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, text tersebut dapat diubah menjadi bentuk link yang dapat membawa kita berpindah dari halaman 1 ke halaman lainnya ketika kita meng-klik text tersebut. Kemampuan inilah yang disebut hypertext, meski tidak hanya text saja yang dapat dijadikan link.
  • Markup Language. Bisa disebut markup language karena bahasa HTML ini menggunakan tanda mark untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, ketika anda meletakkan tulisan diantara tag <i> . . . </i> , maka tulisan yang ada didalamnya tersebut akan menjadi miring tercetak miring. Dan jika di ganti dengan tag <b> . . . </b> ,maka akan berubah menjadi tebal atau bold. Tanda itulah yang dikenal dengan nama tag.
 Mengapa HTML disebut sebagai bahasa dasar pembuatan web? Karena didalam pembuatan web, jika hanya dipasang kode HTML saja, tampilannya akan terlihat hambar atau tidak beraturan. Sebenarnya ada bahasa pemrograman yang digunakan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Namun sebelum mempelajari bahasa pemrograman tersebut, kita harus bisa memahami HTML. Karena HTML adalah yang paling dasar.

Yang perlu kita ketahui adalah, HTML bukanlah bahasa pemrograman, akan tetapi merupakan suatu bahasa markup. Memang terdengar sedikit aneh, namun jika anda mengenal berbagai macam bahasa pemrograman, dalam HTML anda tidak akan menemukan struktur yang biasa ditemukan dalam bahasa pemrograman, seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah struktur untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman web.

Sebenarnya anda bisa melihat kode HTML dari suatu web yang anda kunjungi. Misalnya web atau blog TipsIM ini. Anda bisa melihat kode HTMLnya dengan klik kanan mouse anda di halaman ini, pilih view page source, dan kemudian akan tampil sebuah halaman baru yang berisi kode-kode HTML dari halaman TipsIM ini. Anda bisa melihatnya dengan browser Mozilla Firefox atau Google Chrome.

Berikut ini caranya:
Panduan Belajar HTML Dasar BAB 1 - Pengertian HTML


Memang kodenya terlihat membingungkan, dan saya pun juga mengalami kebingungan. Namun kita akan belajar dari awal agar bisa memahami setiap kode HTML yang ada disuatu halaman web.

Selain HTML, sebenarnya ada juga kode lain yang disebut xHTML atau singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML ini merupakan kode versi lama dari HTML (sebelum era HTML5 seperti saat ini). Pada xHTML, penulisan kodenya menggunakan peraturan yang lebih ketat. Namun sebenarnya tidak terlalu jauh perbedaan antara HTML dengan xHTML. Anda bisa mencari tahu tentang xHTML di search engine.

Inilah sedikit penjelasan mengenai pengertian HTML. Jika kurang lengkap, anda bisa memadukan atau menggabungkan pengertian HTML dari web-web lain yang membahas mengenai pengcodingan web. Semoga postingan mengenai pengertian HTML ini bisa bermanfaat.

Silahkan lanjut di BAB selanjutnya yaitu BAB 2 - Fungsi Web Browser.
Terimakasih.



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)