TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Senin, 14 November 2016

6 Tips Mengganti Template Baru pada Blog agar Visitor Tetap Stabil

6 Tips Mengganti Template Baru pada Blog agar Visitor Tetap Stabil
Tips Mengganti Template Baru pada Blog agar Visitor Tetap Stabil

Tips mengganti template baru pada blog. Mengganti template merupakan suatu pilihan bagi setiap blogger. Ada banyak alasan mengapa blogger memilih mengganti template blognya. Mungkin karena template lama dianggap sudah tidak menarik, atau template yang sekarang terlihat lebih menarik dari yang sebelumnya, lebih keren, dan lebih seo friendly.

Berbicara tentang template. Jika diibaratkan rumah, template adalah pondasi utama dari suatu blog. Jadi, harus benar-benar diperhatikan. Jika template yang dipakai merupakan template yang memiliki kriteria SEO, maka secara otomatis akan disukai oleh mesin pencari. Jika mesin pencari menyukai template yang anda gunakan, tentu blog anda akan memiliki lebih banyak pengunjung. Merupakan suatu dampak positif bagi blog anda sob. Visitor akan terus meningkat akibat template yang sesuai dengan kriteria seo.

"Lalu, bagaimana sih cara mengganti template?"

Kalau bertanya bagaimana caranya, sebenarnya sangatlah mudah sob. Tinggal klik saja, blog anda sudah berganti template. Namun, sebelum anda mengganti template, anda harus memperhatikan beberapa hal terkait dengan peforma blog. Agar peforma blog anda tidak menurun dan visitor tetap meningkat, perhatikan tips mengganti template baru dibawah ini:

Tips Mengganti Template Baru agar Visitor Tetap Stabil dan Bahkan Naik

1. Pilih waktu yang tepat untuk ganti template (Di saat sepi pengunjung)

Dalam mengganti template blog, anda tidak boleh sembarangan sob. Anda juga harus menyesuaikan waktu yang tepat untuk mengganti blog. Apalagi kalau blog sobat sudah terkenal dan banyak pengunjungnya, untuk mengganti template anda harus memilih waktu disaat blog anda sedang sepi pengunjung.

"Lalu, pada waktu kapa blog kita sepi pengunjung mas?"

Biasanya blog sepi pengunjung di pagi hari. Yaitu dini hari pada pukul 1 sampai 4 pagi atau subuh. Hal ini bertujuan agar saat mengganti template tidak mengganggu kenyamanan pengunjung. Dan biasanya google index sangat inten ketika pengunjung membludak. Ketika pengunjung sepi, googlebot yang bertugas meng-index akan akan bekerja lebih lambat.

Dan juga, saat mengganti template, usahakan lakukan secepat mungkin. Hal ini bertujuan agar tidak mempengaruhi pengalaman pengguna yang sedang online di blog anda sob. Jika anda belum tahu bagaimana caranya, anda bisa membaca 2 Cara Mengganti Template blogspot.

2. Pilih template blog yang bagus, baik, dan berkualitas

Dalam memilih template, pastikan anda memilih template yang bagus, baik, berkualitas, dan ringan sob. Banyak template yang beredar dan bisa anda download sesuka hati di internet, baik itu template premium (berbayar) maupun yang free (geratis). Namun jika anda ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, lebih disarankan memilih template yang premium. Karena sudah pasti yang premium memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang free.

"Jika berbicara tentang template blog, seperti apa kriteria template yang bagus, baik, dan berkualitas? Apakah semua template yang premium itu baik dan berkualitas?"

Tidak semua template premium itu baik dan berkualitas. Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya, yaitu pada tombol 'DEMO'. Ciri-ciri atau kriteria template blog yang berkualitas adalah sebagai berikut:

a. Template terasa ringan saat diakses
Template yang berkualitas adalah template yang memiliki kecepatan loading standar ke atas. Semakin cepat template saat diakses, semakin baik pula template tersebut untuk di pasang di blog anda sob. Hal ini karena kecepatan loading blog/template dapat mempengaruhi peringkat halaman pada mesin pencari. Semakin ringan maka akan semakin baik dan berpotensi mendapatkan peringkat baik di halaman mesin pencari.

b. Support mobile friendly dan responsive
Yang dimaksud template support mobile friendly adalah template yang ringan saat diakses menggunakan mobile, dan tampilannya pun bisa menyesuaikan lebar kecilnya layar mobile. Jadi tidak perlu scroll kanan dan kiri. Hal ini sangat diutamakan karena moble friendly sudah menjadi google ranking faktor yang akan mempengaruhi rangking blog di hasil pencarian. 

Jika anda ingin membuat template anda menjadi mobile friendly sendiri, anda bisa membaca Cara Membuat Template Blog menjadi Mobile Friendly.

c. Template memiliki tingkat seo yang standar keatas
SEO dalam template blog sangatlah penting. Sebab, tinggi rendahnya SEO akan berpengaruh pada peringkat blog di mesin pencarian. Jika tingkat SEO pada template blog rendah, maka akan menurunkan peforma blog pada mesin pencari. Al hasil, blog pun akan sulit mendapatkan peringkat halaman pertama.

Untuk membuat template blog menjadi lebih SEO, baca Teknik SEO Cepat.

3. Back up template lama sebelum diganti

Sebelum anda memilih untuk mengganti template lama anda dengan template yang baru, back up dulu template lama anda sob. Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila nantinya terjadi hal yang tidak diinginkan atau hal buruk yang tidak bisa dikontrol setelah mengganti template baru, maka anda bisa mengembalikan blog anda ke template anda yang lama.

4. Pindahi kode script penting dari template lama ke template baru

Sebelum anda mengganti template anda, pastikan juga anda sudah memindahkan kode script penting pada blog anda yang lama sob. Sobat bisa memindahkannya pada notepad terlebih dulu sebelum templatenya di ganti.

Biasanya kode-kode penting ini berupa meta yang terletak diantara kode <head> dan </head>. Anda bisa melihatnya sendiri pada blog anda di EDIT HTML.

Kode-kode meta tersebut menyimpan informasi penting blog anda yang bisa dipahami oleh robot mesin pencari seperti atau google bot. Sebelum anda mengganti template, pastikan anda memindahkan kode penting tersebut pada notepad lalu pindahkan pada template anda yang baru.

"Lalu, kode yang seperti apa yang harus di pindahkan dari template lama ke template baru mas?".

Untuk kode-kode penting yang perlu anda pindahkan adalah sebagai berikut sob:

a. Meta tag
Pastikan meta tag template baru anda sama dengan meta tag template anda yang lama sob. Anda bisa memindahkan meta tage template lama anda ke template anda yang baru.

b. Kode verifikasi webmaster tool, bing webmaster tool, dan juga alexa
Kode-kode verifikasi webmaster tool ini sangat penting untuk anda pindahkan. Kode verifikasi seperti pada google webmaster tool, bing webmaster tool, dan alexa ini dapat mempengaruhi pencarian blog anda pada mesin pencari. Jika dalam template anda yang lama belum ada kode verifikasi webmaster tool, silahkan anda mendaftarkan blog anda pada masing-masing webmaster tool seperti google, bing, dan alexa.

c. Kode opengraph dan twittercard jika ada
Kode opengraph dan twittercard ini juga perlu anda pindahkan jika di template lama anda terdapat kode tersebut. Anda bisa memindahkan secara langsung dari template lama ke template baru, yaitu dengan membuka di Edit HTML.

5. Uji coba template baru anda

Sebelum anda menggunakan template baru anda, sebaiknya anda melakukan uji coba terlebih dulu pada template anda yang baru. Silahkan anda gunakan blog uji coba untuk menguji template baru anda apakah sudah bisa bekerja dengan baik pada blog. Jika dirasa yakin sudah bekerja dengan baik dan sesuai, maka saatnya anda memasang pada blog anda yang sebenarnya.

6. Update artikel sesering mungkin

Setelah anda mengganti template baru pada blog anda, disarankan untuk selalu rutin dan sering mengupdate artikel. Hal ini bertujuan untuk mengundang google bot agar dapat meng-index bagian-bagian penting pada template baru blog anda.

Agar anda tidak lama mikir artikal apa yang akan dibuat setelah mengganti template, sebaiknya anda menyiapkan beberapa artikel sebelum mengganti template baru. Jadi, anda tidak perlu mikir artikel baru yang akan anda tulis setelah mengganti template baru.

Anda juga perlu memperhatikan saat mengupdate artikel. Buatlah artikel yang SEO Friendly. Hal ini bertujuan agar bisa bertahan lama di urutan teratas halaman pencarian google. Untuk membuat artikel SEO Friendly anda bisa membaca  Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly.

Itulah beberapa tips yang bisa anda jalankan jika ingin mengganti template baru pada blog anda. Semoga tips mengganti template baru ini bisa bermanfaat untuk anda. Terimakasih telah berkunjung sobat TIM. Selamat mencoba.



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)