TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Rabu, 16 November 2016

Cara Mudah Custom Domain Blogspot di IDwebhost

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost
Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

TipsIM.com - Cara custom domain di idwebhost. Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya sob, yaitu cara membeli domain dan cara mengkonsfirmasi domain di Idwebhost. Jadi, jika anda ingin membaca artikel ini, alangkah baiknya membaca dulu artikel sebelumnya.

Setelah anda memilih dan membeli domain sesuai yang anda inginkan dan berhasil. Sekarang saatnya menerapkan domain yang anda beli itu pada blog anda sob. Mengapa saya memberikan tutorial menerapkan domain pada blogspot? Karena saya sendiri menggunakan blogspot. Penerapannya tidak sulit sob. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkahnya dan mempraktikkannya.

Untuk langkah-langkah pemasangan domain atau custom domain blogspot di IDwebhost sebenarnya sudah ada di blog resmi IDwebhost sob. Saya hanya ingin berbagi berdasarkan pengalaman saya membeli domain di IDwebhost. Sekedar berbagi tidak apa-apa kan sob? hehe.

Langsung saja, simak langkah-langkahnya dibawah ini sob:

1. Masuk ke dashboard blogspot anda

Langkah pertama untuk memasang domain baru anda adalah dengan mengunjungi dashboard blog anda sob. Pilih blog yang akan anda pasang domain baru. Klik panah kecil lalu pilih setelan.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

2. Siapkan URL ke-3 untuk blog anda

Setelah mengeklik setelan, anda akan dibawa ke halaman setelan. Pada alamat blog, silahkan klik siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost


3. Isikan nama domain baru anda

Setelah muncul kolom pengisian domain baru, silahkan isi nama domain yang baru anda beli. Jangan lupa menggunakan www. Contoh: www.tipsim.com

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

Setelah itu klik simpan.

4. Copy-pastekan cname kedalam notepad

Jika muncul keterangan 'Kami tidak dapat memverifikasi otoritas untuk domain ini. Kesalahan 14' anda jangan kaget sob. Memang akan muncul seperti itu. Nah, dibawahnya juga akan muncul 2 CNAME. Cname ini sangat penting sob. Silahkan copy-pastekan cname pada notepad untuk nantinya digunakan saat setting pemasangan domain di IDwebhost. Lihat gambar di bawah ini.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

5. Kemudian, masuklah ke situs IDwebhost

Setelah itu, kemudian anda masuk ke situ IDwebhost, yaitu ke member IDwebhost (Di sini member IDwebhost). Silahkan masuk atau login dengan akun anda sob.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost


6. Klik active domains

Anda akan dibawa ke halaman akun anda. Silahkan klik Active Domains.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

7. Klik kelola domain

Kemudian anda akan dibawa ke halaman selanjutnya. Halaman yang akan menampilkan domain-domain yang telah anda pesan, baik yang telah maupun masih aktif. Di halaman ini, silahkan klik KELOLA DOMAIN.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

8. Tuliskan nama server

Setelah masuk halaman baru, silahkan klik nama server dan isikan 2 nama server berikut ini di namaserver1 dan namaserver2:
  • ns1.idwebhost.id
  • ns2.idwebhost.id
Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost
Setelah itu lalu klik ubah nama server.

9. Klik alat pengelola domain

Silahkan klik Alat Pengelolaan lalu klik Kelola DNS.

Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

10. Pilih A (Address)

Anda akan dibawa ke halaman seperti pada gambar di bawah ini. Silahkan isikan satu per satu kolom yang ada. Setiap pengisian langsung klik Simpan Perubahan. Lihat gambar dibawah ini.

Panduan Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

Keterangan:
1. Isikan kolom nomor host ini dengan @.
2. Pilihlah A (Address) pada kolom jenis records.
3. Di kolom alamat, silahkan isi atau inputkan 4 IP BLOGSPOT satu per satu: 
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21 
4. Untuk kolom priority silahkan dikosongkan saja.
5. Di poin nomor lima ini silahkan isi dengan CNAME yang anda simpan di notepad tadi. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.
Panduan Cara Custom Domain Blogspot di IDwebhost

11. Tunggu propogasi perubahan DNS

Setelah anda mengisi setiap kolom sebanyak 6 baris, yang terdiri 4 Address dan 2 CNAME. Sekarang anda tinggal menunggu propogasi perubahan DNS-nya. Biasanya akan bisa dipasang lagi setelah 6-8 jam. Atau anda bisa mencari cara pintas, yaitu dengan merestart laptop atau komputer anda.

Setelah menunggu, silahkan ulangi langkah nomor 1 sampai 4. Hingga tidak lagi muncul peringatan ERROR pada saat anda menyimpan nama domainnya.

Oke, itu saja yang bisa saya bagikan sob. Semoga Panduan custom domain ini bisa bermanfaat bagi anda sob. Terimakasih telah bergunjung dan membaca. Selamat mencoba dan semoga berhasil sob. 



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

2 komentar

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)