TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Sabtu, 19 November 2016

3 Cara Mematikan Fungsi Copas di Blog ( Anti-Copas, Anti Ctrl+P, Anti Ctrl+U )

Cara Mematikan Fungsi Copas di Blog
Cara Mematikan Fungsi Copas di Blog

TipsIM.com - Cara mematikan fungsi copas di blog. Sekarang ini, mungkin tidak sekarang tapi sudah dari dulu. Ya, sudah dari dulu memang artikel di web atau blog rawan akan copy paste atau copas. Ya, memang hal merupakan keuntungan bagi copaser, namun cara ini sangat merugikan pihak pemilik dan penulis artikel postingan. 

Nah, Jika anda tidak ingin seenaknya ada yang mengcopy paste  postingan blog anda, ada cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah perlakuan licik copaser. Anda bisa melindungi artikel anda sendiri yang telah anda posting di blog atau web yaitu dengan menggunakan kode script. Dengan kode inilah mereka yang ingin mengcopas artikel postingan anda dicekal atau tidak bisa.

Mungkin cara untuk mematikan klik kanan atau disable right click atau memproteksikan postingan blog dari copy paste sangat banyak. Dan anda bisa menggunakan semua tutorial atau cara itu dengan teliti. Karena jika tidak teliti, mungkin saja, blog atau web anda malah terjadi eror karena kode script yang salah. Berikut ini ada cara yang lebih mudah, ringkas, dan tidak bertele-tele untuk melindungi konten isi artikel postingan anda dari para pengcopas. Kecuali mereka yang mau mencantumkan sumbernya. 

1. Kode Anti Copas (Mematikan klik kanan, Ctrl+P, Ctrl+U, serta perlindungan lengkap)

Untuk memasang kode anti-copas ini, anda tidak perlu takut ribet. Sebenarnya cukup mudah bila anda cermat dalam memahaminya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Kalik Template diblog anda lalu klik Edit HTML.

2.Silahkan anda cari kode <body> dengan menekan ctrl+f. Namun biasanya kode ini ada sambunganya, misal <body bgcolor="red" width="100px" bla..la,,la>. Daripada anda tidak ketemu, anda bisa mencarinya dengan mengetik <body saja.

3. Kemudian ganti kode <body> tersebut dengan kode dibawah ini:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'>

Catatan:
Jika kode <body> terdapat tambahankode lain seperti yang ada diatas tadi, maka anda tinggal menambahkan kode berikut ini tepat setelah body, jadi tidak perlu mengganti atau menghapus.

oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false'

Nah, setelah ditambahkan maka jadinya akan seperti dibawah ini:

<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false' bgcolor="red" width="100px" bla..la,,la>

4. Silahkan simpan hasilnya.

2. Mematikan Klik Kanan di Postingan Tertentu

Mungkin anda ingin agar tidak semua kata atau kalimat dalam artikel tidak anti-copas. Biasanya ini dilakukan pada blogger yang berisi tentang tutorial script. Ya, daripada anda penasaran, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Klik HTML pada edit postingan anda.

2. Kemudian letakkan kode script dibawah ini tepat di awal atau di akhir postingan. (Ingat! HTML dalam postingan sebelah Compose. Bukan di letakkan di dalam Compose).

<script language="javascript" type="text/javascript">

/* Anti klik kanan TipsIM*/

var tenth='';function ninth() {

if (document.all) {(tenth);return false;}}

function twelfth(e) {

if (document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {

if (e.which==2||e.which==3) {(tenth);return false;}}}

if (document.layers {document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN); document.onmousedown=twelfth;}

else{document.onmouseup=twelfth; document.oncontextmenu=ninth;}

document.oncontextmenu=new Function('return false')
</script>

3. Setelah itu anda tinggal mempubliskan artikel yang akan anda posting.

3. Anti-Copas, Disable Klik Kanan, dan Disable Select Tex Seluruh Postingan

Untuk cara yang poin tiga ini adalah untuk mematikan fungsi klik kanan dan anti copas pada seluruh isi konten blog atau web anda. Jadi, siapapun yang ingin mengkopas isi conten blog anda tidak akan bisa. Nah, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Dashboard blog anda, lalu klik menu layout.

2. Klik Add Gadget pada sidebar widget.

3. Pilih HTML/JavaScript.

4. Lalu masukkan kode script berikut ini pada kolom HTML/JavaScript tersebut.

<!-- START disable copy paste -->
<!-- http://www.TipsIM.com -->
<script src='demo-to-prevent-copy-paste-on-blogger_files/googleapis.js'></script>
<script type='text/javascript'> if(typeof document.onselectstart!="undefined" ) {document.onselectstart=new Function ("return false" ); } else{document.onmousedown=new Function ("return false" );document.onmouseup=new Function ("return false"); } </script>
<!-- End disable copy paste -->

5. Setelah anda benar memasukkan kode scriptnya, lalu anda klik simpan.

Efek Samping Memasang Kode Anti Copas

Mungkin memasang kode anti copas ini memiliki keuntungan tersendiri bagi pemasangnya. Yaitu artikel atau konten postingan pasti tidak akan bisa di copy paste. Dan karyanya bisa terjaga tanpa ada pindah hak cipta secara ilegal. 

Namun disamping keuntungan tersebut, anda juga harus memikirkan kerugian atau efek samping yang nantinya akan anda terima ketika anda memasng kode anti-copas tersebut. Kemungkinan, blog atau web anda akan minim pengunjung bila dipasang anti copas. Ya, ini disebabkan karena terkadang biasanya para pengunjung ingin mengcopy paste di word atau di media lainnya agar mudah dibaca suatu saat ketika sedang offline. Nah, jika dipasang anti copas, otomastis pengunjung tidak bisa mengcopy paste isi conten anda.

Jika pengunjung anda menurun, otomasti trafic kunjungan, pagerank, dan pageviews dalam blog atau web anda akan ikut menurun. Karena mereka para pengunjung akan menganggap kalau pemilik blog atau web itu termasuk orang pelit. Meski maksud anda baik, tidak jarang juga ada orang yang berpikir seperti itu.

Anda juga perlu ingat lagi. Setiap pengawasan pasti ada titik lemahnya. Begitu pula dengan kode anti copas ini. Ya, meskipun dipasang kode anti copas, sebenarnya masih bisa di jebol atau masih bisa dicopas. Tapi biasanya hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja yang sudah mahir dalam kode-kode script atau pemrograman seperti hacker. Jadi, bila hal ini terjadi tentu akan sia-sia kode yang anda pasang.

Memastikan fungsi copas ini juga bisa merugikan pemilik blog sendiri atau blogger sendiri. Karena disaat akan membuat link internal tidak mudah melakukan "copy paste link address". Tapi harus buka link dan copas link address bar.

Oke, demikian tutorial kali ini tentang Cara mematikan fungsi copas atau memasang kode copas di blog. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Ingat, ada keuntungan juga ada kerugian. Semoga bermanfaat bagi anda. Terimakasih.



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

4 komentar

Thanks mas, jadi tambah ilmu.

Ada efek positif dan negatif juga yaa

Ada. Positifnya artikel kita selamat dari blogger yang suka copas. Negatifnya, kadang pengunjung enggan mengunjungi blog kita karena artikelnya tidak bisa dicopas..

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)