TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Kamis, 12 Mei 2016

10 Cara Meningkatkan CTR Google AdSense dengan Mudah

Cara meningkatkan CTR google adsense dengan mudah. Setelah anda mendaftar sebagai publisher google adsense dan berhasil diterima, langkah selanjutnya adalah anda harus bisa meningkatkan pengunjung blog dan juga melakukan pengoptimalan iklan adsense pada blog anda agar lebih banyak yang ngeklik dan mendapatkan lebih banyak uang dari klik iklan tersebut.
Cara Meningkatkan CTR Google AdSense
Cara Meningkatkan CTR Google AdSense
Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membahas tentang CTR. Apa itu CTR dan bagaimana cara meningkatkan CTR google adsense. Saya akan mencoba menjelaskan dengan bahasa saya sendiri. Sebelum menginjak bagaimana cara meningkatkan CTR google adsense, anda perlu untuk tahu terlebih dahulu mengenai CTR. Simak penjelasan berikut.

Apa itu CTR?

CTR (Click Through Rate) atau dalam bahasa Indonesianya disebut RKT (Rasio Klik Tayang) adalah presentasi jumlah klik iklan dari total tampilan atau tayangan iklan.
Cara Meningkatkan CTR Google AdSense

Misalnya, blog sobat memiliki pengunjung 1000 dan yang mengeklik iklan adalah 10 orang, itu artinya anda mendapatkan CTR 1% sob. CTR 1% merupakan hal yang wajar. Malah lebih bagus daripada CTR yang lebih dari 3%.

Berapa CTR Google AdSesnse yang wajar?

Pada umumnya, CTR google adsense yang wajar adalah antara 1% sampai 3%. Mungkin blog anda bisa mendapatkan CTR lebih tinggi atau bahkan lebih rendah dari itu sob, tinggi rendahnya CTR tergantung berbagai hal, salah satunya adalah karena topik yang diterapkan pada blog. 

Beberapa topik blog bisa mendapatkan CTR tinggi dan bahkan sangat tinggi. Ada juga topik blog yang hanya bisa mendapatkan CTR rendah dibawah 1%. Topik blog seperti apa yang hanya mendapatkan CTR rendah? Biasanya adalah topik blog gado-gado yang isinya campur aduk menjadi satu. Blog dengan topik campur aduk ini akan lebih sulit menaikkan CTRnya daripada blog dengan topik Khusus.

Bagaimana cara meningkatkan CTR Google AdSense?

Dalam meningkatkan CTR sebenarnya lebih mudah pada blog yang memiliki topik khusus dan tidak gado-gado atau campur aduk. Tapi, meskipun topik blog anda gado-gado atau bukan, ada beberapa hal yang bisa anda coba untuk meningkatkan CTR. Atau bahasa mudahnya yaitu bagaimana caranya agar iklan di blog anda bisa semakin banyak yang ngeklik. Simak caranya berikut ini:

1. Gunakan template yang sederhana

Jika ingin meningkatkan CTR, pilihlah template yang sederhana dan tidak terlalu ramai. Pilihlah template yang memiliki layout simple namun menarik. Jangan terlalu banyak warna ataupun banyak pernak-pernik.

"Mengapa demikian mas?"

Ini bertujuan agar iklan google adsense yang tampil akan terlihat menonjol. Jika iklan yang tampil terlihat menonjol, maka akan lebih mudah menarik perhatian para pengunjung untuk mengekliknya.

2. Gunakan template yang tidak terlalu besar

Desain blog yang terlalu besar akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Saat membaca, pengunjung akan melihat ke kanan dan ke kiri. Ini akan membuat mata pengunjung merasa capek dan akhirnya tidak sempat melita iklan yang tayang pada blog anda.

Berbeda dengan template blog yang tidak terlalu besar atau sedang. Mata pengunjung tidak akan banyak bergerak ke kanan atau ke kiri. Sehingga pengunung akan fokus ke tengah dan akan membuat iklan lebih mudah menarik perhatian. Akhirnya pengunjung merasa penasaran dan tertarik ingin mengeklik iklan yang tayang pada blog anda.

3. Jangan memasang widget terlalu banyak

Mungkin anda telah memasang template yang sederhana pada blog. Namun anda juga perlu memperhatikan pemasangan widget. Jangan memasang widget terlalu banyak. Pasanglah widget yang penting-penting saja seperti popular pos, label, arsip, recent pos, dan widget pencarian. Jangan memasang semuanya, pilih yang penting saja untuk dipasang dan copotlah widget yang tidak penting.

4. Gunakan design responsive

Berdasarkan survei yang telah dilakukan pihak google, sekarang pengguna internet lebih banyak yang menggunakan perangkat mobile daripada dekstop. Ini artinya kita harus bisa memenuhi permintaan para pengguna internet yang menggunakan perangkat mobile, salah satunya yaitu dengan memasang design blog responsive.

Jika blog anda tidak responsive, maka akan kemungkinan kecil ditayangkan dalam perangkat mobile, apalagi sekarang google adsense telah menyediakan iklan responsive. Dan yang baru-baru ini belum ada satu bulan, google adsense menyediakan iklan khusus mobile. Jadi, mau bagaimanapun harus menggunakan design blog responsive.

5. Gunakan ukuran iklan yang direkomendasikan

Google AdSense menyediakan banyak iklan yang bisa anda pilih untuk dipasang di blog anda sob. Banyak ukuran yang bisa anda pilih dan anda pun bisa menentukan ukurannya sendiri sesuai keinginan. Tapi hanya beberapa saja yang memiliki CTR bagus.

Pada umumnya, semakin besar ukuran iklannya akan semakin besar pula CTRnya. Sebab iklan yang besar lebih mudah dilihat dan dijangkau oleh pengunjung. Tapi anda juga harus ingat, disarankan untuk memilih iklan yang direkomendasikan oleh google adsense. Ada beberapa iklan yang direkomendasikan, dan iklan itulah yang memiliki CTR bagus.

6. Letakkan iklan di tempat yang tepat

Mungkin anda sudah memilih iklan yang tepat dan pas, tapi kalau anda salah dalam penempatannya akan kurang efektif sob. Pilihlah iklan yang pas dan direkomendasikan, dan letakkan pada tempat yang tepat juga.

Berikut ini rekomndasi penempatan iklan tepat agar mendapat CTR tinggi:
  1. Di header ukuran responsive atau 728x90
  2. Di bawah judul postingan ukuran 300x250 atau 336x280
  3. Di tengah postingan ukuran 300x250 atau 336x280
  4. Di bawah postingan ukuran 300x250 atau 336x280
  5. Di sidebar ukuran 300x600, 300x250, atau 160x600

7. Gunakan kombinasi iklan jenis gambar, text, dan link unit

Google AdSense menyediakan iklan dalam 3 jenis, yaitu iklan gambar, iklan text, dan iklan link unit. Namun ada juga iklan pencarian. Anda bisa mengkombinasikan semua iklan pada blog anda. Tapi harus tetap ingat batas jumlah pemasangan iklan, jangan sampai melebihi batas yang telah ditentukan.

8. Kurangi jumlah iklan

Jika anda ingin meningkatkan CTR google adsense, yang perlu anda lakukan adalah mengurangi jumlah iklan. Mungkin anda memasang iklan terlalu banyak dan kurang nyaman dipandang. Maka hapuslah beberapa iklan dari blog anda. Kurangi jumlah iklan yang sekiranya tidak terlalu berpengaruh. Anda cukup memasang iklan Adsense pada tempat-tempat yang memiliki CTR tinggi saja seperti yang telah di jelaskan di poin 6.

9. Jangan campur iklan AdSense dengan iklan yang lain

Memang dari pihak Google AdSense tidak melarang blog kita mencampur iklan adsense dengan iklan dari program lain. Tapi, jika ingin mendapatkan CTR tinggi dari Google AdSense, alangkah baiknya untuk tidak mencampur iklan adsense dengan iklan program lain.

10. Tingkatkan pengunjung blog

Mungkin pada poin 10 ini bukanlah cara untuk meningkatkan CTR, tapi jika anda telah melakukan cara dari poin 1-9 namun tetap saja tidak berpengaruh, mau bagaimana lagi yang harus anda lakukan adalah dengan cara meningkatkan pengunjung blog anda sob. Sebab, meski anda melakukan semua cara tapi kalau pengunjung blog masih saja sedikit akan sama saja bohong. hehe.
Oke, semikian artikel saya mengenai cara meningkatkan CTR Google AdSense sob. Semog artikel ini bisa membantu sobat untuk meningkatkan CTR Adsense. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis komentar. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca.



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)