TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Rabu, 04 Mei 2016

Cara Membuat Postingan Artikel yang Benar dan SEO Friendly

Cara membuat postingan artikel yang benar dan SEO Friendly. Sudah berapa lama anda memiliki blog? Selama ini, artikel yang seperti apa yang anda buat? Dalam membuat artikel, apakah anda memperhatikan benar atau tidak, dan apakah artikel yang anda buat itu sudah SEO atau belum? Mungkin bagi sebagian blogger pemula tidak begitu memperhatikan akan hal ini. Ya, yang penting membuat artikel banyak dan bisa mendapat rangking utama di halaman pencarian Google. 

Cara Membuat Artikel SEO Friendly
Cara Membuat Artikel SEO Friendly



Berbicara tentang artikel yang SEO friendly, ini sangat penting untuk anda ketahui dan anda terapkan. Memang anda membuat artikel tanpa teknik ini bisa membuat blog anda di posisi atas, namun hal itu lebih lama daripada anda menggunakan teknik SEO. Dalam membuat artikel postingan, anda harus menerapkan teknik SEO didalamnya. Ini bertujuan agar semua artikel yang anda postingkan bisa diterima oleh mesin pencari dan bisa ditayangkan di mesin pencari. 

Dalam membuat artikel, anda tidak hanya mengandalkan keunikan dan manfaat saja sob, SEO juga sangat penting untuk anda terapkan. Sebab dengan teknik SEO akan lebih cepat mendongkrak rangking blog anda dalam mesin pencari. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia blogger seperti saya, mungkin anda akan bingung dan bertanya-tanya, 

"Yang dimaksud postingan SEO Friendly itu apa sih mas?"

Nah, sebelum membahas pengertian dari postingan yang SEO friendly, anda harus tahu terlebih dahulu pengertian dari SEO. SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik yang digunakan para blogger untuk membuat blog miliknya bisa menjadi rangking teratas di mesin pencari. Jadi, jika digabungkan dengan postingan, postingan SEO friendly yaitu postingan yang menggunakan teknik SEO untuk pembuatannya. 

"Seperti apa postingan yang SEO friendly?"

Postingan tersebut sebenarnya sama saja, yaitu tulisan artikel, gambar, lalu audio dan video jika perlu. Namun dalam pemasangannya ada tekniknya sendiri, sehingga hasilnya akan berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara membuat postingan artikel yang benar dan SEO Friendly.

Postingan SEO Friendly


Dari gambar diatas, mungkin sudah ada sedikit gambaran yang bisa anda pahami. Gambar tersebut adalah gambar penjelasan mengenai postingan seo friendly. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca keterangan masing-masing nomor dibawah ini:

Cara Membuat Artikel SEO Friendly


Penjelasan didalam gambar

1. Judul postingan harus unik dan sesuai keyword yang benar

Dalam membuat artikel postingan, anda harus memperhatikan keunikan judul sob. Ini bertujuan untuk menarik para pengguna internet agar mau mengeklik judul dan mengunjungi blog anda. Buatlah judul seunik mungkin yang bisa menimbulkan rasa penasaran.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan kata kunci atau keyword sob. Dalam membuat judul tidak boleh sembarangan. Anda perlu memasukkan kata kunci tertentu sesuai lalu diikuti dengan kata tambahan untuk menghiasi.

Lihat contoh dibawah ini:

Inilah Cara Membuat Artikel yang Benar
Tutorial Mudah Cara Membuat Artikel yang Unik
7 Cara Membuat Artikel yang SEO Friendly

Penjelasan

  • Tulisan yang berwarna BIRU adalah kata kunci atau keyword. Kata kunci inilah yang nanti akan menentukan di mesin pencari. Gunakanlah kata kunci yang banyak dicari orang tapi sedikit yang menggunakannya.
  • Tulisan yang berwarna HITAM adalah kata tambahan. Kata tambahan ini digunakan untuk menghiasi keyword agar judul terlihat lebih unik dan menarik. Jika unik, maka pengunjung akan merasa penasaran dan akhirnya bersedia membukanya.

2. Pengulangan judul atau kata kunci

Buatlah pengulangan judul atau kata kunci pada isi artikel anda. Tujuannya agar artikel anda bisa lebih SEO. Untuk pengulangan judul atau kata kunci, saya bisanya menuliskan di awal, seperti gambar di atas. Pengulangan kata kunci atau judul tersebut saya beri bold atau dipertebal agar lebih mudah dimengerti pembaca. Untuk pengulangan judul atau kata kunci sebaiknya tidak terlalu banyak atau berlebihan. Lakukanlah pengulangan paling tidak 3-4 kata kunci.

3. Penambahan gambar atau foto

Pastikan adalam setiap artikel yang anda buat selalu terdapat gambar, meskipun itu hanya satu gambar. Sebab dengan adanya gambar akan bisa meningkatkan SEO blog anda. Selain itu, dengan adanya gambar, pengunjung bisa lebih mudah memahami artikel yang anda buat. Pastikan pula gamabar yang anda pasang sesuai dengan artikel yang anda buat. Anda juga bisa memasang video atau audio jika perlu.

4. Pembuatan link internal maupun eksternal

Sangat penting untuk anda perhatikan. Sisipkanlah link internal maupun ekstenal pada setiap artikel postingan yang anda buat. Link internal adalah link yang mengarah pada blog kita sendiri. Sedangkan link eksternal adalah link yang mengarah pada blog orang lain. Gambar diatas saya hanya menyontohkan link internal.

Untuk memasang link, anda harus memperhatikan pagerank. Jika anda ingin memasang link internal, pilihlah artikel yang berkaitan dan memiliki jumlah pengunjung paling banyak. Sedangkan jika ingin memasang link eksternal, pilihlah blog orang lain yang memiliki pagerank tinggi, seperti wikipedia, facebook, merdeka, sugeng, dan lain sebagainya. 

5. Menggunakan tag H1, H2, H3, H4, H5, H6

Setiap artikel pasti memiliki heading atau sub heading. Begitu juga artikel yang anda buat. Nah, pada sub heading yang anda buat, anda bisa mengganti tag yang tadinya normal menjadi heading, sub heading, atau minor heading. Ini bertujuan untuk meningkatkan SEO blog anda. Dan dalam menentukan heading maupun sub heading, anda harus melihat sesuai tingkatan. Heading (H1) paling besar, Sub heading (H2) lebih kecil dari H1, Minor heading (H3) lebih kecil dari H2, dan seterusnya. 

6. Pembuatan paragraf

Dalam membuat artikel juga harus dibagi menjadi beberapa paragraf. Jangan sesekali membuat artikel tanpa paragraf. Ini akan membuat pengunjung anda kebingungan dalam membaca maupun memahami. Jika pengunjung bingung, maka pengunjung hanya akan melihat blog anda sekilas lalu pergi. Buatlah artikel menjadi beberapa paragraf, dan setiap paragraf usahakan untuk mengisi 3-4 baris. 

7. Pemasangan Properties (title dan description) pada gambar

Gambar yang anda pasang pada artikel tidak hanya sekedar pasang saja. Anda perlu menambahkan title dan description agar tidak missing. Jika terjadi missing karena tidak ada title dan description, tentu hal itu akan mengurangi tingkat SEO blog anda.Anda bisa memasang title dan description dengan cara klik kanan satu kali pada gambar > pilih properties > isikan title dan description > klik oke.  

Jika anda ingin mengecek apakah blog anda terdapat missing atau tidak, silahkan cek di chkme.com.

8. Pemasangan Add Caption pada gambar

Selain pemasangan title dan description, anda juga perlu memasang caption atau keterangan kecil pada gambar yang anda pasang. Untuk memasangnya anda tinggal klik kanan satu kali pada gambar > pilih add caption > lalu tuliskan caption sesuai foto yang anda pasang. Misal, jika anda memasang foto taman bermain, anda bisa memberikan caption 'ilustrasi taman bermain', dan sebagainya.

9. Label atau kategori

Setiap kali anda membuat artikel juga harus dikelompokkan berdasarkan label tertentu. Jika artikel anda tentang tutorial blogger, maka anda bisa mengkategorikan pada label blogger, dan sebagainya. Label ini sangatlah penting untuk anda buat. Ini bisa memudahkan pengunjung dalam mencari artikel berdasarkan kategori. 

10. Tautan permanen

Mungkin hal ini jarang diperhatikan oleh banyak orang dalam membuat artikel. Memang link atau url artikel sudah ada secara otomatis, namun biasanya url atau link tersebut tidak sesuai atau terpotong. Agar lebih rapi, anda bisa memilih tautan permanen dan ganti url sesuai judul atau bisa lebih dipersingkat. Cara ini juga bisa mempermudah mesin pencari dalam menelusuri blog anda sob. Jika urlnya tidak bisa dipahami maka akan sulit bagi mesin pencari untuk menemukan blog anda.

11. Deskripsi penelusuran

Anda juga perlu memasang deskripsi penelusuran pada setiap artikel anda. Deskripsi penelusuran inilah yang nantinya akan muncul di halaman pencarian. Deskripsi singkat yang akan menggambarkan judul pada halaman pencari.

Biasanya jika blognya masih baru atau baru saja buat tidak akan muncul deskripsi penelusuran. Untuk mengaktifkan dan memunculkannya, anda bisa buka di pengaturan blog, yaitu setelan > Preferensi penelusuran > Deskripsi. Pada deskripsi silahkan pilih ya, dan isikan deskripsi singkat blog anda. Nanti secara otomatis kolom pengisian deskripsi muncul di tempat pembuatan artikel. 

Penjelasan diluar gamabar

Selain beberapa poin yang saya jelaskan berdasarkan gambar, ada juga beberapa poin lainnya yang perlu anda terapkan agar artikel yang anda buat bisa lebih SEO Friendly. Ini sangat penting untuk anda ketahui dan anda terapkan pada setiap artikel yang anda buat. Simak penjelasan berikut.

1. Kata pembuka dan penutup

Dalam membuat artikel, tentu akan terlihat sangat tidak pantas jika tidak terdapat kata pembuka dan penutup. Mengapa demikian? Sebab jika tidak ada kata pembuka atau penutup pada artikel yang anda buat, blog anda akan dianggap sebagai blog yang tidak profesional. Agar lebih profesional, pastikan anda selalu memasang kata pembuka dan penutup pada setiap artikel.

2. Tulisan yang benar, mudah dipahami, dan tidak disingkat

Mungkin anda sudah terbiasa menyingkat kata saat mengetik SMS atau BBM atau juga status Facebook. Tapi ini jangan disamakan dengan itu semua sob. Dalam menulis artikel, anda jangan menyingkat kata. Ini membuat artikel anda sulit untuk dibaca dan dipahami. Jika tidak bisa dipahami, tentu pengunjung enggan datang ke blog anda. Pastikan tulisan anda benar, mudah dipahami, dan tidak disingkat. 

3. Jangan terlalu banyak mengulang kata kunci

Seperti yang saya jelaskan di keterangan gambar poin 2, dalam melakukan pengulangan kata kunci anda tidak boleh terlalu banyak. Pastikan kata kunci yang diulang tidak lebih dari 3 kali, atau maksimal 4 saja lah. Dan juga untuk kalimat yang sama usahakan tidak melakukan pengulangan lebih dari 10 kali.

4. Gunakan bold, italic, underline

Anda juga perlu menggunakan fasilitas ketiga ini. Jika anda menuliskan artikel, dan didalam artikel ada beberapa kata yang menurut anda sangat penting, anda bisa merubah bentuk tulisan dengan bold, italic, atau underline. Ini bertujuan agar pengunjung bisa tahu kalau kata tersebut adalah kata yang penting untuk diingat atau sebagainya. 

5. Penulisan artikel lebih dari 1500 kata

Dalam menulis artikel, anda juga harus memperhatikan banyaknya kata. Semakin banyak kata yang anda tulisa akan semakin mudah artikel anda muncul di halaman pertama mesin pencari. Tulislah artikel dengan kata sebanyak 1500. Atau paling tidak anda bisa membuat artikel lebih dari 100 kata. Biasanya rata-rata yang berada di halaman utama mesin pencari adalah artikel yang banyaknya kisaran 1500 kata. Untuk mengecek banyaknya kata, anda bisa memindahkan di ms.word.


Mungkin hanya itu saja yang bisa saya jelaskan mengenai cara membuat postingan artikel yang benar dan SEO Friendly. Jika masih ada yang bingung, silahkan tanyakan dengan menuliskan di komentar. Semoga bermanfaat sob. Terimakasih.



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)