TipsIM

Tips Internet Marketing and Blogging

Jumat, 31 Maret 2017

7 Teknik SEO dalam 60 Menit yang Ampuh Tingkatkan Trafik dari Search Engine

Teknik SEO dalam 60 menit. Pernah mendengar teknik SEO hanya dalam satu jam saja sob? Atau mungkin anda sudah pernah mencobanya? Jika anda belum pernah mendengar atau sudah pernah mendengar tapi belum pernah mencoba, anda bisa mencobanya mulai dari sekarang sob. Teknik ini sangat efektif untuk membantu menaikkan trafik blog anda dari mesin pencari.
Teknik SEO dalam 60 Menit yang Ampuh Tingkatkan Trafik dari Search Engine
Teknik SEO dalam 60 Menit yang Ampuh Tingkatkan Trafik dari Search Engine


Mungkin dulu anda sudah pernah menerapkan berbagai macam teknik SEO, tapi sudahkah mendapatkan hasil yang maksimal seperti yang diinginkan sob? Jika belum, mungkin teknik yang anda gunakan belum sempurna atau penerapanny kurang pas. Nah, cobalah teknik SEO dalam 60 menit ini. Dijamin anda pasti tidak akan kembali ke teknik yang lama lagi. Karena jika benar dalam penerapannya akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

"Apakah ini teknik black hat, mas?"

Jawabannya adalah bukan, ini bukan sama sekali teknik black hat. Tujuh cara yang saya bagikan ini 100% aman, ampuh, dan bukanlah teknik black hat atau teknik lain yang membahayakan.

Tapi sebelum anda meneruskan memahami tujuh teknik ini, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu dasar-dasar SEO. Anda bisa belajar dasar-dasar SEO di Belajar SEO untuk Pemula.

Oke, jika anda sudah paham atau setidaknya sedikit mengerti tentang dasar-dasar SEO, silahkan simak ke tujuh teknik SEO berikut ini:

1. Ubah judul konten menjadi semenarik mungkin supaya bisa mengundang banyak klik

Judul yang menarik pasti memiliki potensi klik lebih banyak daripada judul yang hanya biasa saja. Anda tidak percaya sob?

Anda bisa membuktikannya sendiri. Misalkan, artikel anda berada di peringkat 9 dari halaman pertama mesin pencari. 8 artikel di atas anda semuanya memiliki judul yang biasa saja. Tapi judul dari artikel anda terlihat lebih menarik dan paling menarik daripada yang lain. Mana yang memiliki potensi klik lebih banyak? 

Pasti artikel milik anda.

"Loh, kok bisa mas?"
Mungkin jawaban ini berbeda dengan jawaban anda, memang yang paling atas memiliki potensi klik banyak, tapi pengguna internet tidak semudah itu mengeklik. Pasti mereka akan membaca judulnya terlebih dahulu dan menyeleksi dari satu halaman tersebut. Jika judulnya menarik, maka artikel itulah yang akan di klik dan dikunjungi.

Jadi, buatlah judul semenarik mungkin dan lakukanlah optimasi pada judul anda.

"Bagaimana cara mengoptimasi judul mas?"

Nah, berikut ini beberapa tips optimasi judul artikel agar mengundang banyak klik:
  • Buatlah sedetail mungkin
  • Jelaskan manfaat yang didapatkan setelah membaca artikel
  • Gunakan angka
  • Gunakan kalimat tanya

2. Perpanjang artikel menjadi 2500 kata

Sangat penting bagi anda untuk memperhatikan jumlah kata sob. Buatlah artikel yang isinya terdiri dari 2500 kata. 

"Kok banyak banget, mas?"

Memang banyak, sebenarnya 300 - 500 kata sudah cukup untuk anda buat, tapi itu jika blog yang anda miliki adalah blog yang menyediakan konten berita atau konten lain yang non artikel. Jika konten artikel, kata sebanyak  300 - 500 masih sangat-sangat kurang. 

Untuk lebih memantapkan hati anda dalam membuat artikel dengan kata banyak, berikut ini panjang rata-rata artikel yang muncul di halaman pertama Google melalui penelitian serpIQ. 

Teknik SEO dalam 60 Menit

Coba lihat, artikel yang muncul di mesin pencari Google peringkat 1-3 rata-rata adalah 2500 kata.

Jadi gini sob, kalau artikelnya panjang tentu akan memberikan informasi lebih banyak. Dan pastinya akan lebih bermanfaat serta membuat pembacanya merasa lebih puas. Jika pembaca merasa puas, kemungkinan besar akan mendapat banyak share dan juga backlink.

Tapi jangan kaget dulu sob mendengar 2500 kata. Sebenarnya 2500 kata ini sudah digabung dengan teks-teks lain dalam dalam blog seperti header, sidebar, dan bahkan komentar. Maka, membuat artikel 1500 kata sudah cukup bagi anda untuk menaikkan trafik.

Dalam memanjangkan artikel anda perlu memperhatikan dan mengingat hal ini sob. Jangan sesekali memanjangkan artikel dengan BERBAGAI MACAM BASA-BASI. Itu hanya akan membuat pembaca merasa bosan. Basa-basi memang boleh, tapi jangan berlebihan sob. 

Mungkin anda menulis artikel '6 Cara meningkatkan trafik blog'. Jika dirasa katanya kurang banyak, tambahkan saja menjadi '10 cara meningkatkan trafik blog'. Itu akan lebih bermanfaat dan lebih membantu menaikkan trafik blog anda dari search engine. 

3. Ubah teks di website lain menjadi backlink

Semua praktisi SEO sepakat kalau backlink merupakan faktor terbesar yang mempengaruhi perangkat kita. Saya pernah menemukan kata-kata tentang backlink yang menarik di blog massugeng seperti ini:

"Backlink terbaik yang seharusnya anda bangun adalah backlink yang berasal dari website lain. Yaitu website yang memiliki reputasi bagus, masih aktif, dan atas ijin pemiliknya".

Jadi, untuk memasang backlink di website orang lain, tentunya kita harus meminta kepada mereka.

"Loh, memangnya ada yang mau masang backlink blog saya?"

Jawabannya adalah ADA. Sebenenarnya tanpa kita sadari ada blogger yang sudah siap memasang backlink dalam konten yang mereka buat. Namun terkadang hanya saja mereka belum berbentuk link atau hanya link mati saja. 

Maka, agar link itu bisa berubah menjadi hidup, anda perlu menghubungi admin dari web tersebut yang memasang backlink blog anda, lalu mintalah untuk merubah menjadi link hidup yang bisa di klik. Namun anda tidak hanya sekedar memintanya, anda juga perlu sama-sama memasang backlink untuk mereka. Agar sama-sama merasa diuntungkan.

4. Buat aset yang mengundang backlink untuk konten

Backlink yang baik adalah backlink yang diberikan oleh kemauan mereka sendiri dalam kontennya. Bukan buatan kita sendiri. Ya, semua praktisi SEO setuju akan hal ini. 

"Lalu bagaimana agar mereka mau memberikan backlink untuk kita?"

Nah, agar mereka mau memberikan backlink untuk kita, ada dua hal yang perlu anda perhatikan. Yaitu:
  • Anda punya konten unggulan luar biasa
  • Anda punya aset dalam konten yang anda buat

Kedua hal itulah yang perlu untuk anda terapkan dalam pembuatan artikel sob. Jika keduanya bisa terpenuhi, maka bukan tidak mungkin backlink akan selalu mengalir untuk blog anda.

Nah berbicara tentang aset, mungkin masih ada yang belum mengerti apa itu aset. Para praktisi SEO Internasional biasa menyebutnya dengan linkable assets, yaitu aset yang bisa membuat website kita diberikan backlink. 

Kalau saya sendiri menyebut aset adalah pelengkap dalam artikel. Sebab aset terdiri dari beberapa pelengkap yang bisa membuat artikel menjadi lebih diunggulkan. 

Biasanya aset ini berupa:
  1. PDF (ebook, checklist, workbook, dll)
  2. Foto original yang terlihat menarik
  3. Video dan/atau audio
  4. Infografis
  5. Grafik, tabel, dan visualisasi data lainnya
  6. Badge
  7. Template

Mungkin banyak yang berpikir kok susah amat bikin aset dalam artikel. Sebenarnya tidak susah sob, hanya butuh beberapa menit saja. Untuk grafik, anda bisa membuat menggunakan Ms. Exel atau Google Sheets dan datanya anda bisa melakukan survei online atau pencarian google. 

Sedangkan untuk PDF, anda bisa membuatnya dengan memilih artikel yang paling bagus dan diunggulkan. Kemudian copy semua isinya di Google Docs. Lalu ikuti gambar untuk download versi PDF-nya. Silahkan dicoba sob.

5. Dapatkan trafick dan link ekstra dari situs komunitas

Tau perbedaan antara SEO yang dulu dengan SEO yang sekarang sob? Dulu mungkin bisa dibilang lebih mudah dan bahkan sangat mudah. Kalau sekarang bisa dibilang rumit dan ribet. Berikut ini perbandingannya:

Proses SEO yang dulu:
Membuat website > Melakukan optimasi SEO > Mendapatkan peringkat bagus > Barulah mendapatkan pengunjung banyak.

Sedangkan proses SEO yang sekarang:
Membuat website >  Membuat konten unggulan > Sosialisasi ke situs komunitas > Mendapat pengunjung banyak > Barulah mendapat peringkat bagus di Google dan pengunjung makin banyak.

Jadi pada intinya, kita harus keluar dan memperkenalkan diri kita di komunitas maupun sosial media lain di dunia internet. Memang tanpa sosialisasi bisa membuat blog anda sukses. Tapi itu butuh waktu yang lama. Bahkan hingga bertahun-tahun sob. Berbeda dengan anda melakukan promosi, bahkan hanya dalam 1 bulan pun sudah bisa membuat blog anda terkenal sukses.

Tapi ingat sob, jangan melakukan spam kesana-kesini. Apalagi kalau tidak ada sambungannya sama sekali denga topik di komunitas tersebut. Pasti yang ada anda akan dibanned dan dikeluarkan dari komunitas. 

"Lalu bagaimana caranya mas?"

#1. Yang pertama, carilah situs yang dirasa tepat.
Anda bisa mencari situs forum di google yang cocok dengan topik blog anda. Atau bisa mencari di facebook. Cari group facebook yang pembahasannya sama dengan topik blog anda. Jangan buang waktu di situs atau forum yang tidak berhubungan.

#2. Yang kedua, setiap kali ada pertanyaan, jawablah dengan lengkap dan ramah.
Jika anda menjumpai seorang blogger atau pengguna internet yang bertanya kepada anda. Jawablah dengan lengkap agar dia bisa paham. Dan juga harus ramah agr dia senang. Ingat, wajib ramah sob jangan marah.

Lakukanlah cara itu hingga 1 minggu. Pasti sebagian besar anggota komunitas tersebut akan mengenal anda. Setelah anda dikenal, tentu anda akan diperbolehkan dan dipersilahkan posting link menuju blog sobat. Tapi harus perhatikan sob, konten yang anda pasang harus yang berkualitas dan berhubungan dengan topik pada komunitas. Dengan begitu anda pasti tidak akan dibenci ketika menaruh link di komunitas tersebut.

6. Tambahkan LSI untuk meningkatkan relevansi dan variasi keyword

Sedah pernah mendengar LSI sob? atau singkatan dari Latent Semantic Indexing.

Semua search engine modern saat ini menggunakan sistem LSI untuk bisa memahami arti dari suatu kata dalam artikel. Yaitu dengan membaca kata-kata yang mengelilinginya.

Adanya LSI tersebut sebenarnya bisa anda manfaatkan sob. Berikut ini 2 manfaat LSI yang bisa anda dapatkan:
  • Meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci. Jika artikel anda memiliki kata kunci yang relevan, maka akan baik peringkatnya. Semakin relevan semakin meningkat peringkatnya di mesin pencari.
  • Menambahkan kemungkinan artikel untuk ter-rangking dalam kata kunci LSI yang lain. Jadi, jika kata kunci anda tepat atau menyerupai kata kunci LSI, maka akan kemungkinan besar artikel anda bisa mendapat rangking atas.
"Dimana bisa mendapatkan kata kunci LSI?"

Untuk mendapatkan kata kunci LSI yang paling mudah dalah di pencarian Google itu sendiri. Coba masukkan kata kunci di pencarian google sesuai yang anda butuhkan. Lalu tarik halaman paling bawah dan akan menemukan seperti gambar dibawah ini:

Teknik SEO dalam 60 Menit
Jika anda telah menemukan kata kunci seperti pada gambar, silahkan edit artikel anda dengan menambahkan kata yang bercetak tebal sesuai yang pas dan cocok. Tempatkanlah di awal artikel, di tengah, maupun di akhir artikel yang penting masuk akal. Tapi ingat, jangan berlebihan melakukan pengulangan kata kunci, karena itu juga bisa merugikan blog anda.

7. Promosi silang dengan blogger lain yang topiknya sama atau mirip

Pernah mendengar istilah ini sob? Follow for follow, retweet for retweet, like for like. Jika anda sering aktif di sosial media seperti twitter atau instagram pasti pernah mendengar istilah seperti diatas tadi. 

Promosi silang ini akan sangat bermanfaat untuk blog anda untuk mendapatkan follower dan sekaligus like yang banyak.

"Tapi kok tidak ada link for link ya?"

Eittss. Jangan salah sangka. Dulu memang ada yang namnya link for link. Link for link tersebut sangat marak dilakukan di kalangan blogger. Sistemnya gini, blog A akan memasang link blog B di blognya A apabila si blog B juga memasang link blog A di blognya B. Biasanya pemasangan link ini ditempatkan di sidebar atau di tempat khusus penampungan link.

Tapi sekarang sudah dilarang sob. Sekarang tidak boleh lagi melakukan tukeran link. Sebab google yang melarangnya. Yang dimaksud promosi silang ini bukanlah tukeran link. 

Langkah-langkah untuk tukeran link adalah sebagai berikut:

Temukan 1 atau 2 blogger lain yang blognya memiliki topik sama dengan blog anda. Sebaiknya progres blog anda dengan blognya tidak jauh berbeda untuk mempermudah. Kemudian ajaklah dia sebagai partner anda.

Lalu buatlah 1 artikel atau edit artikel lama. Tambahkan link menuju dalah satu konten dari partner anda yang memiliki topik sama atau mirip. Ingat, jangan pasang link pada artikel yang tidak berhubungan. 

Kemudian ajaklah partner anda untuk melakukan hal yang sama tetapi di konten yang lain. Dengan promosi silang ini akan bisa menguntungkan masing-masing pihak, baik dari pihak anda maupun pihak partner anda. 

Karena link yang dipasang adalah link yang berhubungan, maka tidak ada masalah dan tidak akan pernah kena tilang oleh google. Dan cara ini pun akan membantu dan mempermudahkan pembaca karena menemukan bacaan yang berhubungan di artikel lainnya. 

Sekarang siap untuk dipraktikkan sob. . .

Demikian artikel saya mengenai 7 teknik SEO dalam 60 menit. Sekarang saatnya anda mencobanya sob. Jangan hanya membaca tapi jarang mempraktekkan. Tapi banyaklah membaca juga banyak mempraktekkan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda sob. Selamat mencoba dan terimakasih telah membaca.



Bebas Berlangganan Artikel

Silahkan berlangganan via email untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru (GERATIS)

Tentang

Hanyalah seorang Blogger pemula yang senang mempelajari hal-hal baru mengenai dunia internet dan pengcodingan.
(Admin Blog TipsIM)

7 komentar

Mas saya ingin bertanya.

Kok saya jadi tambah bingung nih, emangnya dengan komunitas facebook dan bersosialisasi di Twitter bisa meningkatkan teknik seo ya, kata orang sekarang bersosialisasi di Facebook dan Twitter sebanyak apapun udah ngga efektif lagi buat seo.

aku jadi bingung nih yang mana yg benar ya 🙂

pendapat setiap orang berbeda mas, mungkin berdasarkan pengalaman masing-masing.
.
Menurut saya, sosialisasi di sosmed or suatu komunitas itu penting mas. Di situ kita bisa berkenalan dengan banyak teman blogger. Setelah kita akrab dengan teman-teman blogger di suatu komunitas, kita mungkin bisa bekerja sama, entah itu tukar ide, tukar backlink, saling mempromosikan, dan sebagainya.
.
Ibaratnya kita jualan barang, kalau tidak dikenalkan dan dipromosikan ke semua orang tentu tidak ada pengunjung dan pembeli, mungkin ada satu dua saja. Tapi kalau diperkenalkan dan dipromosikan luas, pasti banyak yang tertarik dan banyak yang mengunjungi.
.
Soal sosmed maupun komunitas, sebenarnya tergantung diri masing-masing bagaimana cara memanfaatkannya. Kalau bisa memanfaatkan kedua jalan itu dengan baik, pasti akan sangat berpengaruh baik. Tapi kalau tidak bisa memanfaatkan ya mungkin pengaruhnya hanya sedikit.
.
kurang lebih seperti itu yang saya tahu mas.

Wow lengkap detail dan rinci sekali tipsnya. Tapi memang singsingkan baju dan tekun untuk berjibaku dengan seo di blog kita.

Wah ... 2500 kata ya mas. Nggak kebayang deh gimana panjangnya artikel tersebut. Sampai saat ini, menulis 1000 kata saja masih ngos-ngosan.

semakin banyak aturan ya google dan alogaritma berubah terus huh

Wah detail sekali. Terima kasih ya ilmunya

Komentar, kritik dan saran dari anda adalah motivasi untuk berkembangnya blog ini. Mohon tidak berkomentar dengan kata yang mengandung unsur sara, kekerasan, dan porn. Terima kasih. :)